Space Iklan
Pariwara
Konawe Utara

BLH Sultra Ditantang Tindak PT Dakka di Konut

Wabup Konut Raup

KENDARIPOS.CO.ID — Dugaan pelanggaran lingkungan yang dilakukan pihak PT Dakka Group dalam aktivitas eksploitasi ore nikel di Desa Boedingi, Kecamatan Lasolo Kepulauan, telah diteruskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) ke Badan Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasalnya, aktivitas PT Dakka di lokasi yang berjarak beberapa meter dengan pemukiman dinilai sudah mengancam keselamatan warga Desa Boedingi. Apalagi jembatan titian (Jeti) PT Dakka hanya berjarak satu meter dengan rumah warga maupun fasilitas umum seperti Sekolah Dasar (SD).

Yang parahnya, tanah kupasan (obe) tambang milik PT Dakka terancam longsor ke pemukiman rumah warga saat musim penghujan. BLH Sultra ditantang memberikan sanksi bagi perusahaan itu. “Pelanggaran PT Dakka sudah kita laporkan pada tim Amdal Pemprov Sultra. Karena terganjal pada kewenangan, kami hanya sebatas melaporkan. Itu berdasarkan hasil investigasi BLH Konut yang diteruskan ke Pemprov Sultra,” ujar Wakil Bupati Konut, Raup, jumat (25/5).

Disebutkan, ada empat indikasi pelanggaran PT Dakka. “Salah satunya, terkait kerusakan lingkungan,” sambung mantan Ketua DPRD Konut itu tanpa menyebut pelanggaran lainnya. Makanya kini, Pemkab menantang pihak Pemprov menerbitkan teguran dan sanksi pada manajemen PT Dakka. “Kita tunggu sejauh mana progres dari BLH Sultra. Kami akan terus pertanyakan,” janji Konut-2 tersebut.

Sementara itu, Humas PT Dakka Group, Kadir, justru menepis semua tudingan tersebut. “Ke lokasi saja cek kebenarannya. Supaya datanya tidak simpang siur nanti. Intinya, itu bukan obe yang jatuh, tapi tebing longsor. Memang info pertama kali kejadian, mereka pikir dari obe PT Dakka, tapi setelah masyarakat cek, ternyata bukan. Saya juga sudah koordinasi di BLH Konut mengenai longsor di Boedingi. Saya sudah jelaskan semuanya,” argumen Kadir saat dihubungi. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top