Pariwara
Bau-bau

476 Lansia di Baubau Terima Bantuan PKH

KENDARIPOS.CO.ID — — Bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) menjadi salah satu tumpuan masyarakat miskin untuk menunjang kebutuhan hidup. Meski nilainya tak besar, namun masih diharapkan membantu kehidupan warga dengan keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Khususnya para lansia kategori miskin yang sudah tak mampu bekerja.

Di Kota Baubau, Keluaga Penerima Manfaat (KPM) bantuan dana PKH dari warga miskin usia lanjut (Lansia) menjadi prioritas bagi pemerintah setempat. Melalui pejabat kelurahan, keberadaan para Lansia yang hidup dalam status kemiskinan didata untuk diusulkan menerima bantuan. “Setiap pengajuan data KPM bantuan PKH, Lansia selalu menjadi prioritas tanpa mengesampingkan warga kurang mampu lainnya. Alhamdulilah, seluruhnya selalu terkafer. Dari total keseluruhan sekitar 5.000 KPM, bantuan PKH yang ada tahun ini, 476 diantaranya adalah Lansia,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Baubau, La Ode Zulkifli saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/5).

Seluruh Lansia tersebut hidup dengan status ekonomi kurang mampu. Seluruhnya berasal dari 43 kelurahan yang ada di Kota Baubau. “Yang pasti, bantuan PKH ini sangat membantu dalam meringankan kebutuhan hidup masyarakat kita. Khususnya para Lansia yang membutuhkan biaya untuk berobat, karena mulai sakit-sakitan,” sambungnya.

La Ode Zulkifli mengklaim, penyaluran bantuan PKH cukup lancaar selama ini. KPM terhitung sudah dua kali melakukan pencairan bantuan langsung oleh Kemensos. “Jadi kalau dananya sudah turun, maka pendamping memberitahukan ke KPM untuk mengecek saldonya ke BRI. Tetapi jika bantuanya belum masuk, maka tugas pendamping untuk mengurusnya,” terangnya.

Total dana PKH yang diperoleh KPM dalam setahun sebesar Rp 2 juta. Hanya untuk pencairan dilakukan dalam empat kali tahapan atau tiap triwulan. “Masing-masing tahap sebesar Rp 500.000. Insyaallah untuk tahap ketiga tidak lama lagi dicairkan. Karena seluruh nama calon penerima telah masuk di Kemensos,” tutup Perangkat Masjid Keraton Buton bergelar Lakina Agama itu. (b/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top