Pariwara
Ramadhan

Tubuh Sehat, Ciptakan Pribadi Berakhlakul Karimah, Oleh : drg.Rahminingrum

drg.Rahminingrum, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan meruupakan kewajiban bagi setiap muslim. Puasa tidak hanya sebagai ibadah saja, namun di balik perintah wajib tersebut terdapat hikmah besar yang dapat kita peroleh atau kita rasakan. Puasa ramadan ternyata juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, rohani manusia dan telah dibuktikan secara ilmiah bahwa dengan melakukan puasa tubuh dapat menjadi lebih sehat. Dengan tubuh sehat, akan tercipta pribadi-pribadi yang baik pula dan tercipta pribadi berakhlakul karimah.

Dilihat dari sisi metabolisme, kondisi tubuh saat berpuasa itu sangat bagus, sebab ada beberapa aktivitas yang terhenti selama beberapa jam yakni mengunyah. Dengan tubuh diberi waktu beristirahat, maka kemungkinan tubuh itu sehat. Tubuh butuh waktu sekira delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan yang terakhir dikonsumsi. Artinya, tubuh bisa berpuasa apabila diberi asupan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, berpuasa dapat membantu menstabilkan kerja jantung dan mengurangi risiko penyakit kanker. Jadi puasa itu bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi hikmah dibalik itu terdapat keajaiban bagi tubuh kita. Maka manfaatkanlah bulan suci ramadan ini sebaik-baiknya. Selain untuk menunaikan perintah Allah SWT, puasa baik untuk tubuh kita. (p1/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top