Pariwara
Konawe

PLN Putus Aliran Listrik SKPD Konawe

Redi Ramadan

KENDARIPOS.CO.ID — Memprihatinkan. Kondisi keuangan daerah Konawe yang defisit membuat kerja pemerintah menjadi terhambat. Selain tak dapat menjalankan program kerja, hal sepele seperti tagihan listrik pun, harus menunggak. Setelah meteran kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) disegel hingga layanan publik berhenti, giliran Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) serta Perpustakaan Daerah (Perpusda) diputuskan distribusi listriknya.

Alasan yang sama, karena anggaran operasional untuk itu belum juga cair hingga saat ini. Makanya PLN Rayon Unaaha mengambil tindakan penyegelan. SPV Pelayanan Pelanggan PLN Rayon Unaaha, Redi Ramadan, membenarkan tindakan pihaknya yang menyegel meteran listrik sejumlah SKPD sejak 21 Mei lalu. Ia juga mengungkapkan alasan yang sama, karena tidak ada anggaran dan telah menunggak selama beberapa bulan. Kini, pihaknya harus melakukan pemutusan sementara.

“Sesuai aturan seharusnya pelanggan yang menunggak satu bulan, dijatuhkan sanksi pemutusan sementara MCB (meteran), untuk yang menunggak dua bulan disanksi pemutusan sementara, bongkar Kwh meter, MCB, dan putus dari tiang, kemudian migrasi ke meteran prabayar. Sedangkan yang menunggak tiga bulan bisa sampai dihentikan sebagai pelanggan PLN. Kita sudah komunikasi intensif, tapi katanya belum ada dana, jadi disegel sementara. Saat ini masih diupayakan persuasif. Karena semuanya kantor pelayanan publik, maka ada pertimbangan dan komunikasi lebih lanjut. Tapi, kalau sesuai aturan, harus dilepas meteran listiknya,” terangnya, Jumat (25/5).

Ia merinci, untuk SKPD yang menunggak selama tiga bulan yakni Disdukcapil dengan tagihan sebesar Rp 4 juta, lalu untuk tunggakan dua bulan belum bayar, yakni kantor Terminal Asinua sebesar Rp 504 ribu, lalu Disperindagkop tagihannya sebesar Rp 3,1 juta, dan Perpusda Rp 1,1 juta. Seluruhnya, belum termasuk denda. “Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Pemkab kapan dibayarkan. Kebijakan PLN juga belum ditentukan sampai berapa lama, karena pimpinan masih di keluar daerah,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top