Pariwara
Konawe Selatan

Konsel Kekurangan 400 Guru Agama

Adnan Saufi

KENDARIPOS.CO.ID — Tenaga guru agama di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) masih belum maksimal. Itu karena belum terpenuhinya jumlah ideal pendidik khusus agama pada sejumlah sekolah di wilayah tersebut. Kementerian Agama Kabupaten Konsel sudah berupaya untuk mengajukan penambahan atas kekurangan itu. Namun pihaknya masih terkendala syarat yang diharuskan pemerintah pusat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konsel, Adnan Saufi, mengungkapkan, untuk saat ini, tercatat ada 400 kekurangan guru. “Makanya saat ini kita masih gunakan tenaga honorer. Itupun yang kita biayai yang masuk tunjangan profesi guru (TPG),” jelasnya, jumat (25/5). Untuk saat ini, jumlah non PNS yang ditanggung Kemenag Konsel hanya 45 orang.

“Inipun yang sudah punya sertifikatsi pendidik, dan kita bayarkan Rp 1,5 juta perbulan. Sumber anggaran dari APBN. Sementara yang honorer lainnya susah kita usulkan, karena salah satu syaratnya untuk sertifikasi minimal lima tahun mengabdi,” ungkap Adnan Saufi.

Sebenarnya terkait kekurangan tersebut, pihaknya sudah pernah mengajukan upaya penambahan tenaga pendidik. Hanya saja, pihak BKN memberikan syarat cukup ketat untuk pengusulan kuota. “Kita juga tak punya solusi karena itu kewenangan Pemkab. BKN mempersyaratkan umur maksimal 23 tahun. Jadi dari sekian nama guru honorer yang kita bawa, tak ada yang memenuhi syarat. Sehingga kita kembali usulkan supaya bisa sertifikasi. Sampai sekarang masih menunggu informasi dari BKN,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top