Pariwara
Bombana

Hujan Sepekan di Bombana, Pemukiman Digenangi Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Intensitas hujan yang tinggi sepekan terakhir membuat banyak daerah mengalami banjir hingga kerusakan jalan. Salah satunya, di Kabupaten Bombana. Ada beberapa wilayah yang terendam banjir, salah satunya Desa Tetehaka, Kacamatan Tontonunu. Ada 14 kepala keluarga (KK) yang terpaksa dievakuasi dari kediamannya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, Syarifuddin, mengaku, sesuai laporan yang diterima pihaknya, ada beberapa wilayah yang tergenang dan terparah di Desa Tetehaka. “Untuk wilayah lainnya memang ada banjir tapi tidak begitu mengancam dan airnya cepat surut, seperti di Kabaena. Tapi yang di Desa Tetehaka lumayan parah. Karena selain merendam rumah warga, air dengan ketinggian 75 sentimeter hingga 1,5 meter juga merendam beberapa fasilitas pemerintah sepeti kantor camat,” katanya.

Kerusakan jalan di bebrapa titik juga terlihat. Apalagi jalur transportasi publik di daerah tersebut belum seluruhnya menggunakan material aspal. Seperti jalan menuju Moleang Barat. “Selama hujan yang hampir seminggu ini, saya bersama anggota BPBD melakukan patroli, sebagai bentuk kesiapsiagaan. Kondisi sangat tidak mendukung karena hujan membuat jalan sangat becek,” tuturnya.

Ia mengimbau warga selalu berhati-hati karena kapan saja bencana banjir bisa datang tiba-tiba. Pemerintah setempat juga diingatkan untuk terus berkoordinasi dengan BPBD. “Peran masyarakat sangat penting, termasuk camat dan Kades. Bila ada laporan, kami segera respon cepat,” tandasnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top