Pariwara
Konawe

Bulog Konawe Kirim 2.000 Ton Beras ke Tiga Daerah

KENDARIPOS.CO.ID — Stok beras di Konawe berlebih dan akan disalurkan ke luar daerah. Perum Bulog Subdivre Unaaha mengklaim, serapan pengadaan beras saat ini lebih dari 2.000 ton, sehingga pihaknya akan mengirim ke daerah minus pangan. Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Andi Nurhayati, mengungkapkan, pihaknya sedang mengurus untuk mengirim beras tersebut pada tiga daerah yakni ke Baubau sebanyak 500 ton, Raha 1.000 ton dan Kolaka Utara (Kolut) 500 ton.

“Jadi 2.000 ton akan dikirim periode ini. Ya, kita bersyukur karena cuaca awal tahun ini bagus, dan hasil panen melimpah,” ungkapnya, jumat (25/5). Menurut Andi Nurhayati, masyarakat tak perlu khawatir dengan banyaknya beras yang diekspor. Sebab pihaknya sudah memperhitungkan stok beras dan ekspor. “Konsumsi warga Konawe hanya 151 ton setiap bulan. Sedangkan 2.000 ton itu hanya hasil panen Mei, belum lagi periode sebelumnya. Sudah pasti tetap terjamin,” yakinnya.

Menurut Andi Nurhayati, banyaknya beras masuk berhubungan dengan harga gabah yang sudah normal. “Kalau awal tahun lalu itu musim paceklik, makanya harga gabah tinggi. Nah, untuk sekarang kita bisa membeli sesuai harga kesepakatan Rp 4.070 perkilogram. Sedangkan pengusaha membeli gabah sesuai musim dan jarak, misalnya musim panen dan jauh, harganya juga bakal turun. Tapi Bulog tetap begitu sesuai instruksi presiden,” pungkasnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top