Pariwara
Buton Utara

BPBD Butur Siaga Satu, Zona Banjir Dipetakan

KENDARIPOS.CO.ID — Hujan terus mengguyur Kabupaten Buton Utara (Butur) hampir sepekan terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengeluarkan status waspada dan memetakan zona rawan banjir. “Kurang lebih ada sepuluh desa kami petakan. Seperti, Kambowa, Lambale, Kotawo, Ronta, Rante Gola dan beberapa lainnya,” ungkap Kepala BPBD Butur, Yurlif Halir saat ditemui, Jumat (25/5).

Ia menjelaskan, beberapa aliran sungai seharusnya dinormalisasi karena sudah sangat dangkal akibat sedimintasi. Jika hujan deras dan bertepatan air pasang, sangat potensial meluap dan masuk ke pemukiman warga. “Butuh anggaran miliaran rupiah untuk normalisasi sungai. Usulan ke Badang Nasional Penanggulangan Bencana Pusat telah kami lakukan. Hanya terjadi sedikit kendala, bantuan baru bisa turun jika status daerah darurat bencana,” terangnya.

Mantan Kabag Umum Pemkab Butur ini mengaku, kini pihaknya dalam status siaga satu. “Terkait cuaca, kami koordinasi dengan BMKG untuk memastikan curah hujan di Butur. Prediksinya, hujan akan terus mengguyur beberapa hari ke depan. Ini patut diwaspadai,” sambungnya. Yurlif menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat tetap waspada terutama mereka yang kediamannya dekat dengan aliran sungai. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top