Pariwara
Kolaka Utara

Wabup Kolut Anggap Data Warga Miskin tak Sesuai

H. Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Data dari pihak BPJS maupun Dinas Sosial (Dinsos) menyebutkan, warga miskin di Kolaka Utara (Kolut) sebanyak 60 ribu jiwa. Namun rilis tersebut dianggap tak sesuai oleh Wakil Bupati Kolut, H. Abbas. Secara tak langsung ia menolak data itu karena laporan antara pihak BPJS, Dinsos dan rilis pihak statistik dianggap tak sinkron. BPS Kolut sendiri menyebutkan jika warga kurang mampu dalam kategori miskin itu sebanyak 60 ribuan jiwa. “Jika Capil menyebutkan jumlah penduduk 143.000 jiwa saat ini, artinya hampir separuh warga Kolut miskin. Inikan angka yang luar biasa,” katanya, kamis (24/5).

Ia penasaran, siapa saja warga miskin itu. Tetapi Abbas juga cukup memaklumi karena mereka mengakui jika itu masih data lama. “Karena jangan sampai biar nama saya juga ada didalamnya,” sindir Abbas. Yang jelas, sampai saat ini ia belum mengantongi data pasti terkini yang bisa dijadikan rujukan. Misalnya untuk pengurusan BPJS, bisa saja sudah terjaring melalui pencatatan desa setempat melalui alokasi dana desa (ADD) meskipun ada juga yang Abbas dengar beranggapan itu bukan APBD. “Data ini yang ingin kita sinkronkan baik Pemdes hingga dinas. Karena saya menilai Pemdes tidak laporkan data itu ke pihak BPJS,” sambungnya.

Sekadar diketahui, pada Januari lalu, Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar mengungkapkan, data akhir yang dirilis Kementerian Sosial (Kemensos) menyebutkan, ada 17,11 persen atau sekitar 850 kepala keluarga (KK) di Kolut hidup dalam garis kemiskinan. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top