Pariwara
Ramadhan

Meningkatkan Disiplin dan Profesionalisme di Bulan Kemuliaan, Oleh: Azhari

Azhari, SH.,MH

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan merupakan bulan kemuliaan. Banyak hikmah yang bisa kita ambil di dalamnya. Salah satunya, bisa meningkatkan diisplin dan profesionalisme kerja. Lewat puasa dan salat wajib maupun tarawih yang sudah diatur waktunya, sehingga membuat umat muslim bisa meningkatkan kedisiplinannya.

Situasi ini akan terus berlanjut sampai sebulan penuh. Harapannya, setelah selesai Ramadan, karakter disiplin itu bisa terus terpatri dan menjadi karakter pribadi muslim. Sehingga, hal ini juga akan berimbas pada pekerjaan yang dilakoni. Saya yakin, kalau sudah disiplin, maka kerjanya akan semakin profesional.

Disiplin tidak hanya pada persoalan waktu saja. Tapi juga pada aspek kinerja. Kalau sudah merasa, bahwa pekerjaan yang dilakukan merupakan amanah yang nantinya bakal dipertanggungjawabkan, maka sudah pasti akan mengerjakan dengan sebaik-baiknya. Itu juga yang saya harapkan dimiliki jajaran korp di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Bukan hanya itu, momentum Ramadan juga kesempatan untuk memperbanyak amalan ibadah. Bukan hanya ibadah wajib, tapi juga yang berkaitan dengan muamalah (hubungan dengan manusia). Sebagai lembaga hukum misalnya, kejaksaan mesti menjalankan tugas secara profesional, dapat membantu publik. Masyarakat dapat mendapat pelayanan hukum dengan baik.
Kalau semua itu dilakukan, maka merupakan bagian dari ibadah.

Menariknya, di bulan suci ini, sekecil apapun amalan kebaikan yang dilakukan, akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah, SWT. Jadi, kita harus manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Memperbanyak amalan kebajikan, serta menjalankan tugas dengan profesional. Dua hal ini harus seimbang. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top