Pariwara
Konawe Selatan

Konsel Bidik Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi

KAMALUDDIN/KENDARI POS
LOMBA DESA : Suasana pembekalan dan pembinaan dalam rangka persiapan lomba desa tingkat provinsi yang dilakukan pihak DPMD Konsel.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) telah mempercayakan Desa Woru-woru, Kecamatan Laonti untuk mengikuti lomba desa di tingkat provinsi. Untuk mengikuti lomba tersebut, DPMD mulai mempersiapkan diri melakukan pembinaan terintegrasi terhadap Desa Woru-Woru.

“Karena lomba desa ini harus diintervensi multisektor. Baik itu pemerintahan, sosial, wilayah, pendidikan kesehatan dan lain-lain,” ungkap Kepala DPMD Konsel, Sahlul, kamis (24/5). Ia optimis, duta Konsel tersebut bisa meraih juara satu pada lomba desa tingkat provinsi nanti. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya potensi sumber daya yang dimiliki desa tersebut. Itu merupakan salah satu faktor pendorong utama memilih desa tersebut mewakili daerah.

“Pembinaan sudah intens kami lakukan, kemudian kita sinkronisasi dan koordinasi dengan SKPD. Yang menjadi indikator sehingga desa ini layak, karena partisipasi masyarakatnya begitu tinggi,” optimisnya. Kedua lanjut mantan Kadis BPKAD Konsel ini, Woruworu memiliki potensi unggulan dibanding dengan desa lainnya. “Contohnya, seperti tanaman pala, ini bahkan sudah punya sertifikasi secara nasional dan satu-satunya penghasil terbesar di Konsel. Kemudian keunggulan lainnya di desa itu ada penangkaran benih ikan sehingga ini salah satu indikator untuk bisa juara tingkat provinsi,” jelasnya.

Kearifan lokal juga begitu nampak di desa itu. Di sana ada pembuatan kapal mini yang menjadi ciri khas daerah tersebut. “Kemudian semua fasilitas di desa itu, baik sarana ibadah, pendidikan dan sebagainya dibangun dari partisipasi masyarakat, tanpa campur tangan pemerintah,” sambungnya. Pihaknya berharap dengan dipilihnya Woruworu mewakili Konsel bisa menjadi yang terbaik pada lomba desa se-Sultra.
(c/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top