Pariwara
Buton

Hasil Ternak dan Pertanian Bisa Bayar Pajak di Buton

Awaluddin

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Buton berencana melakukan uji coba pajak merakyat. Pajak merakyat merupakan upaya yang dilakukan pihak DPM-PTSP Buton untuk meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak. Kepala DPM-PTSP Buton, Awaluddin, mengatakan, rencana uji coba pajak merakyat akan dilakukan pekan depan. Program pajak merakyat tersebut untuk membantu warga tak mampu dalam menunaikan kewajiban dengan membayar uang tunai.

“Pajak merakyat ini tak diterapkan pada semua kalangan, namun ini hanya untuk warga kurang mampu. Jadi untuk warga yang tidak memiliki uang tunai membayar pajak, kita sudah menyiapkan solusi. Dengan hasil pertanian atau perternakannya,” ujar Awaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, kamis (24/5).

Ia menjelaskan, bagi warganya yang tak mampu membayar pajak secara tunai maka pihaknya penyiapkan pedagang yang akan membeli hasil pertanian atau perternakan mereka sehingga dapat menghasilkan uang tunai agar bisa membayar pajak. “Misalnya salah seorang warga mempunyai pajak Rp 100 ribu dan tidak mampu, maka dapat membayar dengan hasil ternak, unggas misalnya dengan harga yang sama. Jika ayamnya memiliki nilai jual lebih tinggi dari nilai pajak, maka selisihnya akan dikembalikan,” rinci Awaluddin.

Rencana program ini mata untuk mengurangi beban masyarakat yang ingin membayar pajak namun tak memiliki uang tunai. Ini juga diyakini sangat membantu masyarakat yang memiliki hasil pertanian atau ternak, Sehingga hasilnya bisa terjual dan mendatangkan uang. “Pekan depan rencana kita akan realisasikan di lapangan,” katanya. Apabila program ini berhasil, kata Awaluddin, maka pihaknya akan melanjutkannya. Namun semua tergantung pada tingkat penerimaan di masyarakat. “Semoga program ini bisa diterima sehingga masyarakat lebih taat dalam membayar pajak,” tutupnya. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top