Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BI Dorong Pengembangan Teknologi Mikroba, Balitbang Siap Bangun Sinergitas

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Kantor perwakilan (KPw) BI Sultra, Minot Purwahono, mengungkapkan saat ini pihaknya mengembangkan teknologi mikroba. Dengan model teknologi tersebut, tanah tidak kehilangan unsur hara akibat penggunaan pupuk kimia.

“Bagaimana kondisikan tanah yang subur tanpa gunakan pupuk kimia. Jadi kami kembali ke organik. Karena
memang sekarang ini kita, apa lagi di pasar tradisional, produk pangan itu sudah kembali ke produk organik,” katanya, saat talkshow bertemakan Pengembangan Model Sinergitas Pemda, Forum Kelitbangan dan Korporasi, dalam upaya penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) di Sultra, kamis (24/5).

Dengan teknologi mikroba yang dikembangkan tersebut, Minot mengajak agar masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang ada di lingkungan sekitar. Contoh sampah yang kemudian bisa menjadi kompos. Sehingga, bisa menyuburkan tanah, tanpa harus menggunakan pupuk kimia.

“Jadi bagaimana kita memanfaatkan apa yang ada di lingkungan kita. Semua bisa kita olah jadi sesuatu yang bermanfaat untuk teknologi pertanian atau perkebunan,” jelasnya dalam event yang dihelat LPP RRI itu, kamis (24/5).

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding menjelaskan, Tupoksi Balitbang adalah membangun sinergitas dengan semua pihak. Tujuannya, untuk meningkatkan inovasi daerah.

“Jadi tadi kami melihat seperti apa yang disampaikan pihak BI Sultra, fokus pada komoditas unggulan. Dengan inovasi ini, kami bisa bekerja sama. Kebutuhan teknologi yang sifatnya inovatif, itu apa?

Dari hasil pembelajaran yang dilakukan, itu dampaknya jadi bahan makanan.
Jadi yang kita bangun sistem sinergi lembaga, sistem informasinya dan pemilik SDM. Kami penghubung kelembagaan,” pungkasnya. (Ind/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top