Space Iklan
Pariwara
Muna Barat

Tiga Kades di Mubar Diberhentikan Sementara

YAFRUDDIN YADDI/KENDARI POS
NONAKTIF : Tiga Kades di Kecamatan Kusambi yang dinonaktifkan sementara karena sedang menjelani pemeriksaan atas laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran oleh pihak Inspektorat Mubar.

KENDARIPOS.CO.ID — Sikap tegas Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada yang meminta semua perangkatnya agar disiplin dan taat aturan, diperlihatkan. Terbaru, karena dianggap tak kerja tidak maksimal, tiga kepala desa (Kades) diberhentikan sementara untuk dilakukan pembinaan. Mereka adalah Kades Guali, La Hasali, Kades Sidamangura, La Halido dan Kades Lemoambo, Nurwan. Ketiganya berada dalam wilayah Kecamatan Kusambi.

Untuk sementara, Pemkab Mubar menunjuk Ali Muthar Jaya sebagai Pelaksana Tugas Kades Guali, Rafis di Desa Sidamangura, dan Laode Ali Mudin di Lemoambo. Kabaghumas Setkab Mubar, Ali Abdin, mengungkapkan, para Kades tersebut hanya diberhentikan sementara sambil menunggu proses lebih lanjut. “Ada proses penyelidikan dari Inspektorat berdasarkan laporan masyarakat ketiga desa ini. Jika tak ditemukan kejanggalan, maka akan dikembalikan pada posisinya. Tapi bila ada temuan, diproses sesuai mekanisme atau aturan yang berlaku,” jelasnya, Rabu (23/5).

Kades Lemoambo, Nurwan, yang baru saja diberhentikan sementara, mengapresiasi tindakan pemerintah. Hanya saja Inspektorat sebagai pemeriksa diminta profesional dalam melihat persoalan. “Karena jangan hanya laporan masyarakat sehingga menjadi rujukan semua ini. Sementara masalah yang disangkakan, itu juga harus dilakukan klarifikasi ke kami. Tolong lihat fisik pembangunan yang sudah dilaksanakan. Karena semua kegiatan yang ada, sudah sesuai mekanisme dan rapat masyarakat serta perangkat desa. Tidak mungkin kami mengada-ngada,” argumennya saat ditemui di kantor Pemkab Mubar, rabu (23/5). Sekadar diketahui, ketiga Kades tersebut diberhentikan sementara untuk menindaklanjuti tudingan masyarakat terkait dugaan penyimpangan penggunaan dana desa hingga ratusan juta rupiah. (c/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top