Pariwara
Muna

Pusat tak Respon Revitalisasi Rumah KAT di Muna

sumber : internet
ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana revitalisasi kompleks perumahan komunitas adat terpencil (KAT) di Desa Lembo, Kecamatan Tongkuno Muna, belum kunjung terrealisasi. Upaya yang dilakukan Pemkab Muna dengan bermohon bantuan dana APBN, mandek. Kementerian Sosial RI tak kunjung mengucurkan dana yang dijanjikan. Kepala Dinas Sosial Muna, LM Satri, mengatakan, revitalisasi pemukiman komunitas adat terpencil harusnya dilakukan pada 2017 lalu. Hanya saja, pihaknya menerima pembatalan secara sepihak dari pusat.

“Kami juga tidak tahu. Tiba-tiba saja dibatalkan, padahal seluruh persyaratan sudah dipenuhi,” jelasnya, rabu (23/5). Ada 60 unit rumah komunitas adat terpencil yang harusnya mendapat bantuan renovasi. Pemkab juga sudah melakukan sejumlah tahapan prosedur bantuan yakni penjajakan awal, semiloka daerah dan nasional. “Secara administrasi, Muna sudah layak dapat bantuan. Nominalnya kami tidak tahu, yang jelas ada 60 rumah yang rencananya diberi bantuan,” katanya.

Komunitas adat terpencil sendiri merupakan sekelompok masyarakat adat yang tinggal terisolir dari wilayah induk. Di Muna, komunitas itu terdapat di kompleks Masjid Tua. Rencananya, bantuan pusat tersebut, kata Satri berupa bahan bangunan rumah (BBR). “Jadi rumahnya direnovasi dan masyarakatnya diberi bantuan peralatan pertanian dan bibit tanaman sesuai kondisi wilayah,” urainya. Satri menambahkan, kendati sudah pernah dibatalkan, namun Dinas Sosial masih akan kembali mengusulkan bantuan yang sama pada tahun ini. Dirinya berharap perumahan adat dapat segera direvitalisasi 2018 ini. “Kami tetap perjuangkan tahun ini,” pungkasnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top