Pariwara
Edukasi

Pendidikan Karakter Bisa Imbangi Kemajuan Teknologi

Kepala Staf Kepresidenan RI, Jendral TNI Purnawirawan Dr Moeldoko, ketika memberikan pengarahan ketika membuka Batam Bersyiar, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Staf Kepresidenan RI, Jendral TNI Purnawirawan Dr Moeldoko mengingatkan pentingnya pendidikan karakter kepada generasi pelajar. Hal itu diutarakannya saat menghadiri pembukaan acara Batam Bersyiar yang berlokasi di lapangan Welcome To Batam (WTB) Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (21/5) lalu. Di zaman orang-orang serba berlomba dalam segala hal menurutnya, karakter diri menjadi penting untuk bertahan. Demikian juga dengan upaya mengimbangi pesatnya kemajuan dan teknologi, karakter diri menjadi tidak kalah penting karena bisa menandakan kualitas seseorang.

Pesantren Ramadan yang menjadi kegiatan utama dalam kegiatan Batam Bersyiar, diakui Moeldoko menjadi terobosan yang sangat baik. Tidak hanya menanamkan karakter keagamaan, tetapi juga membentuk karakter diri yang mampu bersaing dalam kehidupan. “Jalani kehidupan di pesantren, karena itu yang akan membekali kita untuk memiliki karaktter yang kuat. Siapapun bisa menjadi apapun, sumber kepemimpinan masa depan bisa lahir dari manapun termasuk dari pesantren,” kata Moeldoko.

Moeldoko juga menjelaskan bahwa, pendidikan karakter seperti di pesantren juga menjadi benteng untuk menghindari generasi muda dari bahaya narkotika dan kehidupan sosial budaya yang semakin mengarahkan masyarakat ke dunia barat. Padahal, Indonesia memiliki cirinya tersendiri. Memiliki keunggulan sendiri sesuai dengan keunikannya. “Persoalan sosial akan membawa kehidupan anak kita juga berubah. Untuk itu perlu perhatian serius dari orangtua. Manusia unggul yang memiliki daya saing merupakan kebutuhan untuk masa mendatang,” jelasnya lagi.

Batam Bersyiar sendiri merupakan kegiatan keagamaan, seni, dan kegiatan amal yang meoibatkan masyarakat Batam dari berbagai usia dan latarbelakang. Mengambil tema ‘Berdiri di atas dan untuk semua golongan’ menyuarakan bahwa islam itu satu walaupun dibentuk dalam beragam kemasan budaya nusantara. (JPG)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top