Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Usul Bantuan 20 Unit Bus

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Baubau yang ditunjang berbagai infrastruktur umum, menjadikan kota itu sebagai daerah yang banyak disinggahi. Sayangnya, instrumen pendukung seprti sarana transportasi, belum memadai. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mengusulkan bantuan puluhan unit bus angkutan sebagai sarana transportasi lintas kabupaten/kota. “Saat ini kita sudah masukkan permintaan bantuan 20 unit angkutan umum massal ke pemerintah pusat. Untuk sementara jenis angkutan yang kita usulkan adalah Damri,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, H. Hado Hasina, Rabu (23/5).

Usulan bantuan angkutan umum massal tersebut, sudah sangat tepat diadakan di Kota Baubau. Untuk mempermudah trasportasi masyarakat dari kabupaten tetangga seperti Buton dan Buton Selatan yang hendak masuk Baubau. Saat ini pihaknya sedang membangun beberapa halte sebagai infrastruktur pendukung. Sehingga ketika pemerintah pusat merealisasikan usulan tersebut, infrastrukturnya sudah tersedia. “Insyaallah sebelum lebaran, akan rampung. Salah satu haltenya akan kita adakan di depan Lippo Plaza,” ucapnya.

Pihaknya juga akan mengundang Dirjen Perhubungan Darat untuk melihat langsung jika Pemkot siap menerapkan angkutan umum massal. “Jangan cuma DKI Jakarta yang selalu kebagian kendaraan angkutan umum, kita juga harus dibantu,” sambung Kepala Dinas Perhubungan Sultra itu. Semangat Pemkot mengusulkan bantuan 20 unit bus angkutan massal, karena banyaknya masyarakat dari daerah tetangga yang keluar masuk Baubau menggunakan kendaraan pribadi. Jika hal tersebut terus dibiarkan terjadi tanpa menyiapkan solusi, maka akan menimbulkan kemacetan dalam kota di masa mendatang.

“Jika usulan angkutan umum massal yang kita ajukan tersebut telah direalisasikan, maka antara Terminal Waromosio (Baubau) dan Terminal Pasarwajo (Buton) akan kita fungsikan Damri. Begitu pula dengan Busel. Semua jalur yang akan dilalui telah kita rancang dan dibangun halte. Sehingga nantinya orang Buton dan Busel yang ingin ke Baubau bisa menggunakan angkutan umum tersebut,” tandas mantan Plt Sekab Butur itu. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top