Pariwara
Metro Kendari

Kejar Target Perekaman e-KTP, Disdukcapil Kendari Masuk Sekolah

Proses perekaman data oleh Disdukcapil Kota Kendari di MAN 1 Kendari, Rabu (23/5). Langkah itu untuk memenuhi target perekaman e-KTP dari Kemendagri sekaligus untuk memastikan hak pilih pemilu pemula pada Pemilu dan Pilpes 2019 terakomodir. Sebab, pemilih harus terdaftar dalam data kependudukan. Foto: La Rudi Musu/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Siswa yang berusia 17 tahun saat ini menjadi pemilih potensial pada Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang. Agar hak suara calon pemilih pemula itu tidak hilang, maka dilakukan perekaman e-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari “turun gunung” melakukan perekaman ke sekolah-sekolah. Salah satunya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari.

Langkah itu juga sekaligus untuk memenuhi target perekaman e-KTP dari Kemendagri. Apalagi surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP tidak bisa lagi digunakan untuk menyalurkan hak pilih warga.

Administrator Data Base Disdukcapil Kota Kendari, Rahmat Basuri mengatakan upaya “jemput bola” ini untuk memberikan kemudahan pelayanan, terutama bagi warga yang wajib e-KTP. Selain itu, menindaklanjuti surat edaran Kemendagri bahwa untuk penyelesaian perekaman e-KTP harus 100 persen.

Inilah terobosan yang dilakukan Disdukcapil mengingat Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang. “Kita tidak menargetkan berapa, tetapi yang pastinya perekaman administrasi kependudukan tuntas pada Juni 2019,” ujar Rahmat Basuri, Rabu (23/5).

Disdukcapil mendatangi sekolah-sekolah sebagai salah satu strategi untuk mempercepat perekaman data bagi anak yang nanti menjadi wajib pilih. “KTP elektroniknya baru akan dicetak ketika dia sudah 17 tahun, ” ungkap Rahmat. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top