Pariwara
Bombana

Gem Bom 100-0-100, Program Baru Bupati Bombana

H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Terobosan baru dalam membangun otoritanya diperlihatkan Bupati Bombana, H. Tafdil. Setelah sebelumnya mencetus gerakan nol kematian ibu hamil dan anak ketika persalinan, kini program baru lagi berlabel “Gem Bom 100-0-100” digagas. Inovasi sosial tersebut dalam rangka penyediaan air bersih, sanitasi serta renovasi rumah kumuh. Program tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bombana, Man Arfa. Ia menjelaskan, program 100-0-100 sebagai akronim dari pencanangan kebijakan 100 persen akses air bersih, nol persen untuk pemukiman kumuh serta 100 persen sanitasi layak di wilayah Bombana.

“Bapak Bupati sudah melaunching dan kamipun siap mengerjakannya. Sudah kami survei lokasinya, dan siap bekerja tahun ini,” katanya, Rabu (23/5). Man Arfa juga merinci, beberapa desa di tiga wilayah zona Bombana yakni Rumbia, Poleang dan Kabaena akan mendapat program ini. “Sudah kami catat lokasinya, kini sementara tahapan proses administrasi,” sambungnya.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bombana tersebut mengungkapkan, program sanitasi dan air bersih itu akan melibatkan masyarakat sebagai bagian dari pembangunan dengan sistem swakelola. “Jadi, masyarakat yang kelola dan uangnya masuk di rekening mereka pula. Pemerintah cuma fasilitator serta mengawasi. Dengan melibatkan masyarakat dalam pembangunan program ini, diharapkan mereka akan merawat dengan baik bangunan yang diswakelolakan,” tandasnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top