Pariwara
Konawe

Enam Desa di Konawe Cairkan DD Tanpa APBDes

La Ode Ainda

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana desa (DD) tahap I (20 persen) di Konawe, telah tuntas bulan ini. Namun, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat menemukan indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa desa. Dari 294 desa penerima DD tahun 2018 ini, terindikasi enam desa tak memenuhi syarat pencairan, karena tidak melalui proses evaluasi rancangan APBDes.

Padahal menurut Kepala DPMD, Sulwan Aboenawas, melalui Kabid Pemdes, La Ode Ainda, hal itu telah melanggar ketentuan sebagaimana telah diatur dalam Permenkeu RI nomor 225 tahun 2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa, termasuk Perbup Konawe nomor 1 tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana setiap desa. Ditegaskan, penyaluran DD dari rekening kas umum daerah (RKUD) ke rekening kas desa (RKD), dilakukan setelah Kepala Desa menyampaikan Peraturan Desa mengenai APBDes pada bupati melalui DPMD.

“Tapi pada kenyataannya, sampai hari ini kami belum menerima APBDes enam desa tersebut. Sehingga terindikasi mereka mencairkan DD tanpa kelengkapan tersebut,” ungkapnya, Rabu (23/5). Ainda menyebutkan, enam desa yang terindikasi melanggar tersebut yakni, di Lalimbue Jaya, Labotoy Jaya, Sambaraasi, Lamendora, Ulu Lalimbue dan Pereoa. Seluruh kepala desa itu akan mendapatkan teguran lisan dan tertulis.

“Bahkan ada sanksi yang lebih tegas kepada enam desa tersebut bila benar-benar melakukan proses pencairan DD tanpa memenuhi syarat yang diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ancamnya. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top