Pariwara
Konawe Kepulauan

Dinkes Konkep tak Fungsikan Ambulans Laut

MURSALIN/KENDARI POS
HANYA BERLABUH : Ambulans laut milik Dinkes Konkep yang belum difungsikan sejak 2016 lalu. Sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat tersebut hanya dibiarkan berlabuh.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski sudah diadakan, namun fasilitas ambulans laut, ternyata belum juga dimaksimalkan oleh instansi teknis di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep). Sarana transportasi perairan untuk mendukung pelayanan kesehatan tersebut, justru dibiarkan terparkir di Pelabuhan Kontainer Langara. Padahal, selama ini warga di daerah itu kesulitan merujuk kerabatnya ke Kota Kendari untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih memadai. Warga di Pulau Wawonii hanya mengharapkan kapal milik nelayan jika keluarga mereka sudah tidak bisa ditangani paramedis RSUD Konkep untuk dirujuk ke ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Erina, salah satu warga di Kecamatan Wawonii Tengah, mendesak Pemkab secepatnya mengfungsikan ambulans laut yang sudah dua tahun terparkir. Belum lama ini anak sulungnya, terdaftar sebagai pasien RSUD Konkep, akibat demam. Putrinya itu harus dirujuk ke Kota Kendari untuk mendapat perawatan medis lanjutan. “Kami kesulitan mencari moda transportasi laut untuk membawa anak saya berobat ke Kota Kendari. Percuma ada ambulans laut kalau hanya jadi pajangan. Tidak pernah difungsikan. Saya harap, Pemkab Konkep secepatnya mengfungsikan, agar masyarakat tidak kesulitan mencari transportasi jika keluarganya tiba-tiba dirujuk,” pinta Erina, warga Desa Rawa Indah, Kecamatan Wawonii Tengah, Rabu (23/5).

Sekretaris Dinkes Konkep, Alno Berniat S, membenarkan, jika speedboat tersebut belum difungsikan. Alasannya, saat ini, ambulans belum memiliki tempat labuh. “Belum ada tambatan tempat labuhnya. Rencananya tahun ini akan dibangun di Desa Langara Bajo,” tutur Alno Berniat, rabu (23/5). Ia menjelaskan, tidak difungsikannya ambulans itu bukan karena tak memiliki anggaran. “Anggarannya ada, tetapi pelabuhannya saja belum ada. Tahun ini kami upayakan untuk difungsikan,” janji Alno Berniat. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top