Pariwara
Wakatobi

DD Tahap I Baru Cair di Wakatobi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jika daerah lain sudah bersiap untuk mencairkan dana desa (DD) tahap II, maka tidak demikian di Wakatobi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) baru akan mencairkan anggaran DD tahap I. Itupun, belum seluruhnya. Sebab baru ada 70 desa yang melakukan proses pencairan anggaran DD pada tahap awal ini. Kendati demikian, pemerintah setempat sebelumnya telah mengakui bahwa proses pencairan DD mengalami keterlambatan. Hal ini karena penyelesaian laporan pertanggungjawaban (LPj) sebelumnya serta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) pada desa sebagai syarat pencairan, terlambat diselesaikan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Kabupaten Wakatobi, La Ode Husnan, mengungkapkan, pencairan DD tahap I sudah sekitar 90 persen. Artinya, hampir sepenuhnya tuntas untuk 20 persen pencairan awal. “Kalau minggu lalu baru 20 desa, sekarang itu sudah masuk sekitar 70 desa. Jadi, sudah 80 sampai 90 persen desa yang melakukan proses pencairan,” ungkapnya, rabu (23/5).

Sementara itu, La Ode Husnan memastikan, pencairan tahap satu, minggu ini akan dituntaskan pada 75 desa yang ada di delapan kecamatan. Di lain sisi ia mengakui, kendala yang terjadi pada tahun 2017 karena adanya perubahan sistem. “Sehingga kesibukan di bulan Desember 2017 mempengaruhi kegiatan Januari dan menyita waktu sampai April lalu. Tapi, minggu ini kita upayakan tuntas semua desa,” tambahnya.

Sekadar diketahui, seharusnya sejak bulan Oktober hingga Desember 2017 lalu semua RAPBDes telah selesai pada masing-masing desa. Namun karena tak bisa diselesaikan, mengakibatkan DD lebih Rp 11 miliar sempat mengendap di kas daerah. Sementara itu, pihak BPKAD Wakatobi terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar persyaratan pencairan segera dituntaskan. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top