Pariwara
Kolaka Utara

114 Kamar Rusunawa di Kolut Siap Dihuni

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
RUSUNAWA : Rumah susun sederhana sewa di Kecamatan Lasusua yang telah rampung dan siap huni.

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), telah rampung. Sejumlah pendaftar yang saat ini dalam proses seleksi bersiap menghuni bangunan lima lantai itu sesuai dengan tarif iuran yang berlaku. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kolut menggelar sosialisasi dengan mengundang seluruh pendaftar hunian untuk mendapat penjelasan terkait peraturan yang diberlakukan. Jika tak sepakat, maka dipersilahkan untuk membatalkan rencananya menghuni Rusunawa.

Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kolut, Firdaus, menjelaskan, pembukaan pendaftaran itu sudah dilakukan beberapa bulan lalu. “Pendaftaran awal disampaiakan ke para pedagang di Pasar Lama ebanyak 60 mendaftar. Selebihnya itulah kemudian diumumkan lagi bagi yang berminat. Jadi tidak benar kalau tak pernah diumumkan. Hanya memang tidak gencar, cukup di kelurahan karena kamarnya terbatas,” ujarnya, rabu (23/5).

Firdaus mengaku, usai dibuka pendaftaran terdata 150 orang. Siapapun bisa mendaftar selagi memang tidak memiliki rumah, entah itu pegawai honorer hingga aparat kepolisian karena kamar tersebut sifatnya disewakan. “Yang hadir sosialisasi, sekaligus mendaftar ulang. Jika semua nama sudah rampung maka bupati akan menerbitkan surat keputusannya,” sambung Firdaus.

Dinas Perumahan hanya bertanggung jawab dari aspek hunian saja, sementara fisik menjadi kewenangan pemerintah pusat. Untuk saat ini tinggal sambungan pipa utama yang akan dibenahi. Sementara itu berdasarkan iuran, untuk penghuni lantai I dikenakan biaya Rp 250 ribu tiap bulan, lantai II Rp 225 rivu, lantai III Rp 200 ribu, lantai IV Rp 150 ribu dan lantai V Rp 100 ribu. Bangunan tersebut belum diserahterimakan pemerintah pusat, namun Pemkab sudah diminta membuka pendaftaran calon penghuni. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top