Pariwara
Wakatobi

TPI Tomia Segera Difungsikan di Wakatobi

ASTY NOVALISTA
TPI : Setelah sempat tak difungsikan, kini TPI Tongano Barat di Kecamatan Tomia Timur, dimanfaatkan untuk menjadi pusat jual beli.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah dibangun dan rampung pada tahun 2015 lalu, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Tomia Timur, baru akan difungsikan. TPI di Kelurahan Tongano Barat tersebut tak dimanfaatkan selama beberapa tahun terakhir sebab terkendala jaringan listrik. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Wakatobi, Oktawinus, mengakui, setelah selesai dibangun, TPI itu sempat tak dimanfaatkan.

Namun, setelah diupayakan masalah tersebut mulai menemui titik terang. “Sudah didatangkan travo listrik berkapasitas 1.500 Watt untuk menunjang instalasi listrik ke lokasi TPI,” ungkapnya, selasa (22/5). Menurut Oktawinus, travo sebagai syarat utama daya listrik sebesar 1500 Watt sudah tersedia. Selain itu, tiang listrik yang menjadi penunjang instalasi juga sudah ada. “Dan dalam waktu tak terlalu lama, penyambungan instalasi tersebut akan kita lakukan,” tambahnya.

Dengan beroperasinya TPI Tomia ini, ia berharap suplai kebutuhan nelayan bisa tercukupi. Sehingga hal ini dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Bahkan ia memastikan akan mengalami kenaikan di sektor ini. “Coba dibayangkan kalau bisa mencetak 400 buah es dijual Rp 20 ribu saja, itu hasilnya Rp 8 juta sehari, dalam sebulan bisa Rp 240 juta,” paparnya. Itu artinya, PAD dalam satu tahun untuk sektor ini saja bukan lagi pada angka puluhan juta tapi bisa mencapai miliaran.

“Selain sebagai tempat pelelangan ikan, di sana juga jadi tempat sandarnya kapal perikanan. Jadi, masyarakat setelah melaut tak perlu lagi menjual ikan di rumah, tapi langsung ke TPI. Nanti di situ didistribusi ke pasar-pasar sehingga lebih terpusat. Jadi semakin memudahkan masyarakat khususnya para nelayan kita,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top