Pariwara
Politik

Surat Suara Pilgub Sultra Mulai Dicetak

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses lelang, pengadaan kertas suara pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra telah masuk tahap pencetakan. Sesuai hasil lelang, pencetakan kertas suara akan dilakukan di Makassar. Untuk memastikan kualitas cetak, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polda Sultra akan menguji hasil cetakannya.

Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Banne mengatakan proses pencetakan kertas suara akan dimulai pekan ini. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub menjadi rujukan jumlah kertas suara akan dicetak. Jumlah ini akan ditambah 2,5 persen dari total DPT untuk pemilih tambahan.

“Bila DPTnya, 1.708.249 pemilih maka tinggal ditambah 2,5 persen saja. Jadi selain dikroscek kualitas oleh KPU, Bawaslu dan Polda Sultra, kualitas dan desainnya tetap harus menjadi persetujuan LO Paslon,” kata Iwan Rompo saat dihubungi melalui telepon, Selasa (22/5).

Saat ini, ia mengaku tengah berada di Makassar untuk memastikan hal itu. Bahkan sampel surat suara sudah mulai dicetak. Hasil pencetakannya harus segera dituntaskan. Sebab masih harus disetujui pihak LO Paslon. Bila sudah tuntas, baru akan dicetak secara massal.

“Kami harus pastikan proses pencetakan ini bisa selesai sesuai jadwal. Sebab logistik surat suara ini masih akan distribusi ke KPU di tingkat kabupaten dan kota. Pihak Bawaslu yang diwakili Pak Munsir Salam dan Ibu Munadarma sudah tiba di Makasar begitu pun dengan lainnya,” katanya.

Selain distribusi, KPU masih akan menyortir surat suara yang rusak dan tidak terpakai. Setelah itu, baru pelipatan dan didistribusikan ke PPK dan PPS di daerah-daerah. “Pokoknya kita siap. Pihak perusahaan cetak surat suara pun telah memberi jaminan proses pencetakannya bisa dituntaskan sesuai jadwal,” pungkasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top