Pariwara
Buton Tengah

Sembilan Raperda jadi Prioritas Pemkab Buteng

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
RAPERDA : Bupati Buteng, H. Samahuddin (tengah) saat menyerahkan usulan sembilan Raperda ke pihak DPRD.

KENDARIPOS.CO.ID — Sembilan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang menjadi skala prioritas diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) untuk dibahas serta ditetapkan DPRD. Bupati Buteng, H. Samahuddin, menyampaikan penjelasan umum sembilan Raperda tersebut. Apalagi, peraturan daerah (Perda) merupakan landasan operasional bagi pemerintahan di otorita mandiri. Menurut Samahuddin, sembilan Raperda yang diajukan meliputi hari jadi Buteng, pengelolaan zakat dan perlindungan pengelola lingkungan hidup. Selain itu, ada draf aturan terkait pengelolaan barang milik daerah, kawasan tanpa rokok, dan penyelenggaraan kearsipan. Kemudian ada Raperda retribusi pelayanan pasar, si pelayanan tera atau tera ulang serta Raperda tentang izin usaha perikanan.

“Perlu diketahui, sembilan draf yang kami usulkan merupakan dasar hukum disesuaikan dengan karakteristik, kondisi dan aspirasi masyarakat serta kekhasan daerah. Olehnya itu, kami berharap Raperda ini mampu memenuhi kebutuhan hukum Pemkab Buteng. Artinya dapat mengakomodir dinamika yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik saat ini maupun kedepannya,” ungkap bupati, selasa (22/5). Ketua PDIP Buteng itu menambahkan, Perda merupakan elemen penting untuk menunjang pelaksanaan tugas Pemkab. Utamanya, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, dapat meningkatkan efisiensi pelayanan pada masyarakat. “Kami berharap hal ini mampu menjawab tantangan tugas kami sebagai pimpinan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buteng, Adam, mengungkapkan, sebenarnya ada 23 Raperda yang sudah disepakati dalam program legislasi daerah 2018 ini. Hanya saja, untuk tahap pertama hanya sembilan yang diajukan dan dianggap sebagai prioritas. Pasalnya, saat ini baru sembilan yang dinilai lengkap untuk dibahas sebagai Perda. “Saat ini kami sementara meminta tanggapan fraksi-fraksi terkait Raperda yang diusulkan Pemkab Buteng. Sementara 14 draf lainnya akan kami bahas setelah menetapkan sembilan regulasi prioritas ini sebagai peraturan. Apalagi diantaranya ada enam Raperda yang menjadi hak inisiatif DPRD,” tutupnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top