Pariwara
Edukasi

Ratusan Ribu Kelas Rusak, Kemendikbud Diminta Bertindak

Foto: JPNN
Kepala SDN Wonokerto III memeriksa kondisi ruang kelas kosong yang atapnya roboh.

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merespons rusaknya ratusan ribu ruang kelas sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di berbagai daerah di Indonesia. Berdasar Ikhtisar Data Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud 2017/2018, ada 151.509 ruang kelas di jenjang SD, SMP dan SMA mengalami rusak berat. Sedangkan 118.899 ruang kelas masuk kategori rusak sedang.

Menurut pria yang karib disapa Bamsoet ini, perlu dukungan anggaran agar ratusan ribu kelas yang rusak bisa segera diperbaiki. Karena itu, dia meminta Komisi X DPR memberikan bantuan alokasi anggaran kepada Kemendikbud untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. “Suasana belajar harus nyaman dan aman,” ujar Bamsoet, Selasa (22/5).

Bamsoet menambahkan, sebaiknya Kemendikbud segera menggandeng dinas pendidikan di daerah untuk memperbaiki ruang kelas yang rusak. Menurutnya, ruang kelas yang rusak tidak hanya tak nyaman, tapi juga membahayakan. “Jadi tingkatkan anggaran dalam APBD untuk memperbaiki ruang kelas yang rusak untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau runtuhnya atap ruang kelas yang dapat membahayakan siswa serta guru,” tandas dia. (jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top