Pariwara
Kolaka

Pangkalan di Kolaka Nakal, Elpiji 3 Kg Mahal

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
ELPIJI MAHAL : Kelangkaan dan mahalnya harga elpiji 3 Kg di berbagai daerah termasuk Kolaka ditengarai dipicu ulah nakal pihak pangkalan. Temuan tersebut sesuai hasil Sidak Disperindag Kolaka.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mendapatkan tabung elpiji ukuran 3 kilogram (Kg), masyarakat Kolaka harus merogoh kocek lebih. Pasalnya, tabung bersubsidi yang biasa diperoleh dengan harga maksimal Rp 25 ribu, kini melonjak hingga Rp 40 ribu. Selain mahal, tabung tersebut juga sulit diperoleh. Olehnya itu, untuk mengetahui penyebab pasti kelangkaan tabung 3 Kg, maka Pemkab Kolaka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pangkalan dan agen, Selasa (22/5).

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kolaka, Kamal Arif, mengatakan, penyebab mahalnya elpiji 3 Kg karena adanya permainan di pangkalan. Untuk itu, ia mengimbau agen untuk lebih memperketat pengawasan di pangkalan. “Ada pangkalan yang nakal dengan menjual di atas harga eceran tertinggi (HET). Yang semestinya Rp 17.900, dijual hingga Rp 20 ribu. Selain itu mereka juga menjual ke pengecer. Padahal setiap orang hanya boleh membeli maksimal dua tabung saja. Jadi kami berharap agar agen menindak pangkalan yang nakal itu,” ujarnya.

Kamal menuturkan, pihaknya tak dapat menindak pangkalan yang nakal karena tidak memiliki kewenangan. “Yang punya kewenangan untuk menindak itu agen dan Satgas. Apalagi kalau ada yang ketahuan melakukan kecurangan sehingga elpiji 3 kilogram ini langka dan mahal, itu bisa dikenakan sanksi pidana,” tukasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top