Pariwara
Edukasi

Mahasiswa Ilmu Tanah UHO Praktikum Terpadu di Konut

Humas UHO for Kendari Pos
Dekan Fakultas Pertanian UHO, Prof. Dr. Ir. M. Tufaila Hemon, M.P (tengah), Ketua Jurusan/Prodi Ilmu Tanah, Zulfiakr, S.P., M.P (baju putih) bersama mahasiswa peserta Praktikum Lapangan Terpadu Jurusan/Prodi Ilmu Tanah beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Inovasi metode pembelajaran terus dilakukan Jurusan/Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO). Salah satunya melalui pelaksanaan praktikum lapangan secara terpadu. Metode pembelajaran langsung di lapangan merupakan kegiatan yang dapat menambah pengalaman mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan sumberdaya dan permasalahan yang ada dilapangan. Hal itu diungkapkan Ketua Jurusan Ilmu Tanah Zulfikar, S.P., M.P., selasa (22/5). Katanya, praktikum bagi mahasiswa Jurusan/Prodi Ilmu tanah merupakan suatu yang penting karena praktikum adalah subsistem dari perkuliahan yang merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teori atau agar mahasiswa mampu menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah.

Lanjut Zulfikar, pelaksanaan pratikum terpadu semester ini merupakan mahasiswa semester IV dengan jumlah peserta sebanyak 69 orang mahasiswa untuk lima matakuliah, yakni kesuburan tanah dan teknik pemupukan, pedogeneisis dan kalsifikasi tanah, pengelolaan daerah aliran sungai, geodesi dan kartografi serta geomorfologi dan analisis landskap yang dilakukan selama empat hari di lokasi perkebunan sawit PT. Sultra Prima Lestari dan beberapa lokasi di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

“Mahasiswa Jurusan/Prodi Ilmu Tanah dituntut untuk memiliki keterampilan sebagaimana telah dirancang dalam kurikulum Prodi Ilmu Tanah UHO, sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) yang berciri pedesaan, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Dalam bentuk Capain Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri atas: CPL Sikap, CPL Keterampilan Umum, CPL Keterampilan khusus serta CPL pengetahuan,” terangnya.

Mahasiswa Program Ilmu Doktor (S3) ini,berharap praktikum terpadu yang diikuti mahasiswa diharapkan dapat mencapai CPL pengetahuan mahasiswa Jurusan/Prodi Ilmu Tanah, yaitu menguasai konsep dasar fisika tanah, kimia tanah, biologi tanah, karakteristik dan dinamika lahan dalam lingkup spesifik, menguasai pengetahuan tentang morfologi dan klasifikasi tanah, konservasi tanah dan air, pupuk dan pemupukan untuk dapat digunakan dalam pemanfaatan dan pemeliharaan tanah yang berkelanjutan, menguasai metode survey, pemetaan, dan evaluasi kesesuaian lahan, analisis landscape serta perencanaan dan pengembangan wilayah dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya tanah dan lahan.

“Mereka juga diharapkan mampu mendeskripsikan sifat-sifat tanah, mengklasifikasikan tanah, memilih alternatif penggunaan tanah terbaik dalam bidang pertanian, dan memeliharanya demi keberlangsungan fungsi-fungsi tanah melalui pengamatan lapang, analisis laboratorium dan lansekap dan lainnya,” tambah Ketua Jurusan/Prodi Ilmu Tanah ini.

Kegiatan praktikum lapangan terpadu ini diberangkatkan oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. M. Tufaila Hemon, M.P., sekaligus sebagai dosen pembimbing. Dalam sambutanya, Tufaila juga berharap bahwa pengalaman yang didapat di lapangan dapat dikaji secara ilmiah sehingga dapat menambah wawasan mahasiswa.

“Kita juga berterimakasi kepada PT. SPL yang telah berkenan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan praktikum terpadu Jurusan/Prodi Ilmu Tanah, semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dimasa yang akan datang untuk pengembangan generasi dan sumberdaya manusia yang lebih baik,” pungkas Ketua Masyarakat Kelapa Sawit Indonesia untuk wilayah Sultra ini. (wan/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top