Space Iklan
Pariwara
Konawe

BPKAD Akui Konawe Defisit Anggaran

Jahiuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak awal tahun 2018, beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, sudah mengeluh soal anggaran yang tak kunjung cair. Padahal, program kerja mereka harus berjalan. Sempat menjadi bahan diskusi, ditengarai, Pemkab Konawe sedang mengalami defisit anggaran. Hal itu kemudian dibenarkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang baru saja dilantik awal pekan ini, Jahiuddin.

Ia mengungkapkan, daerah lumbung beras tersebut sedang dalam masalah keuangan. Menurut Jahiuddin, defisit anggaran disertai banyaknya pengeluaran, karena momentum seperti Pilkada, sehingga sebagian besar anggaran daerah harus diprioritaskan dan dialihkan ke kegiatan tersebut. Namun ia akan melakukan langkah, supaya anggaran bisa terbagi secara merata sehingga berbagai program prioritas bisa berjalan.

“Iya, kita harus profesional dan transparan. Nah, langkah pertama saya adalah melakukan opname kas daerah. Harus ada penyerahan laporan dari Kepala BPKAD yang lama, Pak Ferdinand pada saya. Supaya jelas tugas dan status keuangan kita saat ini. Karena jujur kita belum tahu sejauh mana defisit,” tutur mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe itu.

Untuk diketahui, persoalan anggaran ini memengaruhi kinerja SKPD, seperti yang terjadi pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Beberapa truk operasional pengangkut sampah tak bisa bekerja karena anggaran dan bahan bakar yang belum cair, kemudian di Perpustakaan hingga saat ini belum satupun program yang berjalan karena persoalan tak ada dana. Dan yang terbaru terjadi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), meteran listrik disegel karena beberapa bulan menunggak dan belum membayar. Itu semua terjadi karena tak adanya anggaran daerah. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top