Pariwara
Bau-bau

Ulama Palestina Kunjungi Baubau dan Buton

AKHIRMAN/KENDARI POS
PEDULI PALESTINA : Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina (kedua dari kiri) saat menerima cenderamata dari ulama Palestina, Syekh Raed Rotib Jard (kedua dari kanan), senin (21/5)

KENDARIPOS.CO.ID — Ulama asal Palestina baru saja mengunjungi Kepulauan Buton dalam bulan suci Ramadan ini. Senin (21/5), mereka disambut langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina. “Ini merupakan kunjungan rutin yang dilakukan ulama Palestina. Melalui lembaga Komite Nasional Untuk Palestina yang ada di Jakarta, mereka sering melakukan perjalanan untuk ceramah. Dan hari ini singgah di tempat kita (Kota Baubau),” kata Hado Hasina saat ditemui kemarin.

Kunjungan ulama luar negeri di Kota Semerbak itu didamping empat mahasiwa Indonesia. “Sebagai pemerhati Palestina, kita wajib mendukung secara moral maupun materil sesuai kemampuan. Dan kita sudah nyatakan dukungan itu seperti halnya Pemerintah Indonesia. Kita mengakui keberadaan Bangsa Palestina,” tutup Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Sultra itu.

Sementara itu, Ulama Palestina, Syekh Raed Rotib Jard, mengungkapkan, pihaknya berterima kasih atas sambutan dan keramahan muslim di Kota Baubau terkhusus jajaran pemerintah dalam menyambut kedatangan mereka. “Kita sampai di Baubau sejak kemarin. Saya sudah melakukan ceramah di beberapa masjid. Salah satunya di Kecamatan Wangkanapi. Insyaallah sebentar malam malam saya akan lanjut berceramah di Masjid Islamin Center Kota Baubau,” ungkapnya, melalui penerjemah.

Sebelumnya, akhir pekan lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton juga menerima kedatangan tamu asal Palestina. Pertemuan sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Buton, dihadiri langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab), pimpinan SKPD, Forkopimda dan sejumlah anggota DPRD.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Buton, H. Muhtar, mengatakan, Syekh Raed Rotib Jard merupakan seorang duta pendidikan dari Kementerian Pendidikan Palestina. Kunjungannya ke Buton dalam rangka silaturahmi dengan masyarakat dan pemerintah. Disamping itu, ia meminta dukungan dan doa masyarakat karena mayoritas penduduk Palestina adalah umat Islam, sama halnya dengan penduduk Kabupaten Buton. Ia juga menuturkan bahwa dukungan Pemkab Buton terhadap umat Islam di jazirah Palestina berupa bantuan finansial.

“Buton mayoritas penduduknya umat Islam, jadi tidak salah memberikan dukungan, khususnya dalam bentuk doa di tanah Palestina,” terangnya. Ia menambahkan dukungan finansial tidak hanya datang dari masyarakat dan Pemkab Buton. Sebab, Kantor Kemenag Perwakilan Kabupaten Buton juga akan berupaya memberikan bantuan. (c/ahi/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top