Pariwara
Kolaka Utara

Rp 3,9 M Bangun IPLT TPA Totallang di Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PROYEK IPLT : Kementerian PUPR mengalokasikan dana Rp 3,9 miliar untuk membangun instalasi pengolahan limbah tinja di TPAS Totallang, tahun ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menggelontorkan anggaran Rp 3,9 miliar untuk membangun instalasi pengolahan limbah tinja (IPLT) pada tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, di Totallang, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Pengerjaannya telah dimulai 29 Maret 2018 dan ditarget tuntas November mendatang.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut, Muh. Asdar, menjelaskan, sesuai kontrak, proyek tersebut dikerjakan rekanan berbendera PT Milano Masagena Perkasa dengan tenggat waktu pengerjaan selama 240 hari kelender. “Sebenarnya pengerjaannya sedikit terlambat, tapi ditarget tuntas tetap sesuai kontrak,” ujar Asdar, Senin (21/5). Luas area pembangunan berkisar 30×70 meter persegi. Selain bak penampungan, juga dibangun kantor, pos jaga dan fasilitas penunjang lainnya.

Pembangunan IPLT tersebut sebagai upaya mengurangi tingkat pencemaran akibat limbah tinja, khususnya yang memengaruhi kualitas air. Dengan adanya tempat pembuangan itu juga sekaligus memastikan tak ada warga yang membuang kotoran manusia ke sungai. Keuntungan lainnya, limbah tinja yang diolah hingga menjadi lumpur dapat digunakan dalam membuat kompos untuk budi daya pertanian. Keberadaan IPLT akan meningkatkan kualitas lingkungan khususnya air. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top