Pariwara
Muna

Pemkab Muna Belum Tentukan Besaran Zakat Fitrah

KENDARIPOS.CO.ID — Besaran zakat fitrah jelang Idul Fitri 1439 Hijriah di Muna, belum diketahui pasti. Jika daerah lain seperti Kolaka dan Konawe Selatan sudah menetapkan nominal zakat fitrahnya, lain hal di Muna. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) masih memantau perkembangan harga bahan pokok di pasaran. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Abdul Asis, meminta masyarakat menunggu keputusan pemerintah. Penentuan zakat baru akan dilakukan pertengahan Ramadan.

“Harga kan masih fluktuaktif. Jadi belum bisa ditentukan awal Ramadan ini,” alasannya, senin (21/5). Asis mengatakan, pemantauan harga dilakukan langsung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. Setelah ada perkembangan harga terbaru, pemerintah akan mengundang stakeholder terkait seperti majelis ulama. “Nanti dirapatkan dan ditentukan bersama zakat fitrah itu,” sambungnya.

Secara khusus, Abdul Asis menjelaskan, ada perbedaan pembagian zakat fitrah tahun ini. Jika sebelumnya, dari jumlah zakat yang dikutip di setiap desa, ada sebagian yang disetorkan ke pemerintah kecamatan maupun kabupaten, maka tahun ini harus habis terdistribusi di tingkat desa. “Tahun ini harus dibagi habis di desa. Delapan golongan penerima zakat harus mendapatkan bagian yang atur oleh pemerintah desa sendiri,” paparnya.

Begitu pula dengan proses pemungutan zakat, dilakukan langsung oleh pemerintah desa bersama tokoh agama. “Pemkab hanya mengawasi dan sampai pada penetapan besaran tadi,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top