Pariwara
Konawe

Menunggak Empat Bulan, Listrik Disdukcapil Konawe Disegel

KENDARIPOS.CO.ID — Memprihatinkan. Ratusan masyarakat harus menunggu dalam ketidakpastian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konawe. Pasalnya, seluruh pelayanan gratis untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga dan surat kependudukan lainnya, terpaksa berhenti, karena tak ada pasokan tenaga listrik. Penyebabnya, pihak PLN Rayon Unaaha telah melakukan penyegelan pada Kwh meteran instansi layanan publik tersebut.

Kepala Disdukcapil Konawe, Muh. Rais, mengaku tak bisa berbuat banyak terkait kasus tersebut. Diakui, pihaknya telah menunggak pembayaran listrik selama empat bulan, karena anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tak kunjung cair. “Iya, disegel karena kita menunggak. Mau bayar pakai apa, anggaran masih ada di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD),” ujarnya, Senin (21/5).

Estimasi tunggakan listrik menurut dia mencapai Rp 4 juta yang belum terbayar. Rais mengaku sudah berupaya mengurus pencairannya di pengelola keuangan, namun hasilnya tetap nihil. “Plt. Bupati sudah suruh untuk segera diurus, tapi belum dilayani di BPKAD. Sekarang pelayanan berhenti total sejak tadi pagi, karena listrik padam,” ungkapnya.

Ia berharap, supaya pengelola keuangan segera menuntaskan pencairan anggaran agar pelayanan bisa kembali normal. “Padahal pelayanan di Capil tidak boleh berhenti. Tapi kita mau apa kalau tidak ada listrik, karena anggaran rutin untuk itu belum juga dicairkan. Mudah-mudahan dengan Kepala BPKAD yang baru, bisa membantu menyelesaikan masalah,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top