Pariwara
Wakatobi

Enam Desa di Wakatobi Disiapkan Gelar Pilkades

La Ode Husnan

KENDARIPOS.CO.ID — Enam desa yang tersebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten Wakatobi siap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu, tahun ini. Agenda tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3APMD) Kabupaten Wakatobi, La Ode Husnan. Ia mengaku keenam desa ini telah telah diperbolehkan melaksanakan Pilkades tahun 2018 ini, yakni Mola Bahari, Liya Mawi, Waelumu, Maleko, Ambeua Raya dan Desa Wapia-Pia.

Pria yang akrab disapa Yusnan itu menyebut, dari enam desa di Kecamatan Wangiwangi, Wangiwangi Selatan dan Kaledupa tersebut, baru Desa Mola Bahari yang telah melaksanakan pemilihan belum lama ini. Sementara yang lainnya masih dalam tahap persiapan. “Sebenarnya sederhana saja. Tingga BPD datang melapor jika mereka telah siap melaksanakan pemilihan. Setelah bermusyawarah dan telah mendapat calon, tinggal datang melapor saja kalau sudah selesai,” terang La Ode Husnan.

Kendati demikian, ia menyebut peserta Pilkades antar waktu dinilai belum terlalu mandiri sehingga perlu ada pengawasan dari pihaknya. “Kita belum bisa lepas dari pengawasan,” paparnya. Husnan menambahkan peseta Pilkades antar waktu ini masih membutuhkan panduan prosedural maupun regulasi. Namun pihaknya menegaskan, tak akan terlalu mengintervensi. “Kalau masalah keterlambatan tidak dipersoalkan. Karena akan disesuaikan dengan kondisi daerah kita,” sambungnya.

La Ode Husnan menambahkan, keenam desa yang melaksanakan pemilihan antar waktu ini, akan menyelesaikan sisa masa jabatan kepemimpinan kepala desa sebelumnya selama satu tahun. Selanjutnya, mereka akan mengikuti Pilkades reguler pada 2020 mendatang. “Ini kan pemilihan antar waktu. Jadi hanya melanjutkan masa kepemimpinan kepala desa sebelumnya. Nanti baru serentak pada tahun 2020 mendatang,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top