Pariwara
Kolaka Utara

Dikbud Kolut Tak Bantu Rehab Sekolah Bermasalah

Hasanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memenuhi hak pendidikan warganya di wilayah terpencil, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), telah membangun beberapa sekolah darurat baik berstatus negeri maupun swasta. Hanya saja, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat masih berhati-hati dan menyeleksi untuk peningkatan infrastruktur tersebut menjadi permanen.

Sekretaris Dikbud Kolut, Hasanuddin, mengakui, memang ada beberapa sekolah di pelosok desa dengan kondisi berdinding papan maupun berlantai tanah. “Tentu kami siap untuk membangun permanen, namun ada syaratnya. Sertifikatnya harus ada dengan bukti wakaf juga jelas. Karena yang bersertifikat saja masih digugat apalagi hanya hibah,” ungkapnya, senin (21/5).

Terkait wakaf lahan berdirinya bangunan tersebut harus melalui prosedur jelas. Tentunya, pemerintah desa setempat yang akan membantu pengusulan ke pihak Dinas Perumahan. Jika lokasinya sudah tuntas, maka Dikbud segera merealisasikannya. “Karena jangan sampai usulan sudah disetujui dan anggaran siap, tiba-tiba berpolemik. Kalau tidak terealisasi itu jelas masalah,” tegasnya.

Ia mengaku, kejadian sebelumnya cukup jadi pengalaman. Sebab ada beberapa sekolah yang dibangun pemerintah, namun lahannya bermasalah di kemudian hari. Untuk sekolah rujukan memperoleh bantuan harus melalui verifikasi kementerian. Di Kolut telah ada dua lembaga yang memenuhi kriteria itu, yakni SMPN 1 Lasusua dan SDN 1 Lapai. Total SD di Bumi Patampanua saat ini sebanyak 111 sekolah, termasuk satu lembaga swasta didalamnya. Sementara untuk SLTP sebanyak 34, dua diantaranya berstatus swasta yakni SMP Muhammadiah Majapahit dan SMP Agus Salim di Katoi. Masih ada satu lembaga berstatus SDIT dibawah payung Dikbud yakni Wasda Islamiyah. “Berdasarkan standar pelayanan minimal (SPM), sekolah satu dan lainnya harus berjarak tiga kilometer dari kelompok penduduk permanen. Jumlah sekolah di Kolut saat ini sudah ideal,” tandasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top