Pariwara
Kesehatan

Bau Mulut Saat Berpuasa? Ini Solusi Menghilangkannya

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu gangguan selama berpuasa adalah masalah kesehatan gigi dan mulut. Seringkali ada anekdot yang mengatakan bau mulut selalu menghinggapi seseorang yang berpuasa. Padahal masalah itu bisa diatasi selama seseorang rajin dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dokter Gigi dan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia drg. Nada Ismah, Sp.Ort menjelaskan, bau mulut pada seseorang yang berpuasa sebetulnya wajar. Sebab, tak ada asupan makanan. Sehingga produksi air liur menurun.

Akan tetapi, lanjutnya, secara umum salah satu penyebab bau mulut adalah adanya sisa-sisa makanan atau ada gigi yang membusuk. Makanya, seseorang yang berpuasa harus rajin menggosok gigi. “Bau mulut orang puasa itu wajar, berbeda dengan seseorang yang mulutnya tidak bersih. Karena saat puasa tak ada asupan,” ungkap Nada dalam peluncuran ‘Sasha Halal Toothpaste’ baru-baru ini.

Maka selain menyikat gigi, masalah lainnya juga harus dicek. Apakah ada lubang, gusi bengkak, dan berdarah. Sebab selama ada lubang dan jarang menyikat gigi akan membuat sisa makanan mudah terselip. “Rajin sikat gigi atau mau pakai obat kumur macam-macam juga boleh,” tuturnya.

Menurut dia, rutinitas sikat gigi orang saat berpuasa tak berbeda dengan di hari biasa, yakni minimal dua kali sehari pada waktu setelah sahur dan sebelum tidur. “Mau sikat gigi dua kali atau tiga kali terserah. Yang terpenting sebelum tidur dan sehabis sahur. Selain agar tak meninggalkan sisa makanan, tetapi juga agar air liur tak menurun pada saat tidur,” jelasnya. (JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top