Pariwara
Bombana

Konsumen Bombana Harus Identifikasi Pangan Berpengawet

dr. Sunandar

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat diminta lebih selektif dalam membeli produk makanan ataupun obat-obatan. Pasalnya, di bulan puasa ini, ada banyak oknum yang memanfaatkan moment Ramadan untuk meraup keuntungan dengan cara curang. Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana mengimbau konsumen agar bisa memahami dan mengenali jenis produk yang beredar di pasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, dr. Sunandar, menegaskan, masyarakat perlu berhati-hati dengan adanya produk makanan yang mengandung zat pewarna atau tekstil, boraks serta bahan pengawet lainnya. ”Kita perlu mengenali produk jualan yang beredar di pasaran. Khususnya makanan yang mengandung bahan tekstil dan formalin. Produk-produk pangan menggunakan bahan tersebut sangat jauh berbeda dengan yang berbahan alami,” paparnya, minggu (20/5).

Untuk membedakan bahan makanan yang dijual seperti ayam potong, sangat nampak. Jika memakai pengawet, maka tak kunjung dihinggapi lalat. Sementara jika alami, maka kerap dihampiri lalat. Sementara untuk ikan bisa dibedakan dari mata dan insangnya. “Ada ikan yang nampak segar dan keras di badannya namun insangnya sudah hitam. Maka itu tidak sehat dan bisa jadi menggunakan pengawet. Bahan makanan di pasaran menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan rumah tangga. Jika tidak teliti dalam memilih, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan. Kami akui di Bombana saat ini masih sangat aman dari produk jualan seperti ini. Namun tetap harus diantisipasi,” katanya.

Sunandar mengungkapkan, pihaknya pernah menemukan produksi terasi di Kelurahan Lampopala yang tercemari pewarna tekstil dua tahun lalu. Namun, produk tersebut berhasil dimusnahkan. Kemudian, pihaknya menemukan salah satu produk jualan kerupuk mengandung borak di Lantari Jaya. “Artinya kerupuk tetap garing meski terkena angin dan sangat berbeda dengan biasanya. Jadi saya mengimbau agar para pedagang harus berlaku jujur untuk kepentingan bersama. Jika kami temukan hal yang sama akan kami tindak tegas lagi dengan melibatkan pihak Kepolisian,” ancam Sunandar. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top