Pariwara
Ramadhan

Bulan Berkah, Manfaatkan Ramadan Sebagai Ladang Ibadah

Sulkarnain Kadir, Plt Wali Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Sekecil apapun amalan kebaikan yang dilakukan di bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya. Makanya, sungguh rugi kalau ada umat muslim yang menyia-nyiakan kesempatan ini.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan amalan kebaikan. Bisa lewat salat lima waktu dengan berjamaah, perbanyak baca Alquran, memberi makan orang buka puasa, bersedekah dan amalan kebaikan lainnya. Kalau semua itu kita lakukan dengan penuh keikhlasan, maka dengan kasih sayang-NYA, Allah akan melipatgandakan pahala kebaikan serta menghapus segala dosa yang pernah dilakukan.

Itu kaitannya dengan hubungan dengan Allah (hablumminallah). Sedangkan, hubungan dengan sesama manusia (hablumminanas), bisa berupa keikhlasan untuk menolong sesama, menyantuni anak yatim, saling memaafkan kesalahan, saling memberi, bukan hanya materi tapi juga perhatian.

Intinya, Ramadan mengajarkan banyak hal kepada selurun umat muslim. Bahwa, Allah menjanjikan hadiah besar bagi siapa pun yang memanfaatkannya dengan baik. Mulai dari pengampunam dosa hingga pensucian hati. Puasa juga tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar. Tetapi juga menahan diri dari perbuatan sia-sia atau berbuat dosa.

Sebagai aparatur negara yang diamanahkan untuk melayani masyarakat, kita harus lebih bersemangat memberikan pelayanan. Puasa tidak boleh menjadi alasan telat masuk kantor, alasan lelah bekerja dan alasan untuk cepat meninggalkan kantor. Puasa itu ladang ibadah. Banyak amalan kebaikan akan dilipatkan gandakan pahalanya asal niatnya ikhlas dan tulus semata-mata karena Allah SWT. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top