Pariwara
Konawe

BPN Konawe Proses Sertifikat Lahan Pertanian

Kusniyati

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi masyarakat Konawe, khususnya yang berprofesi sebagai petani pada empat kecamatan di Unaaha, Wonggeduku, Tongauna dan Abuki. Pasalnya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Konawe sedang dalam proses menyelesaikan 1.000 sertifikat tanah warganya, yang berprofesi sebagai petani, melalui program pendaftaran tanah sistem lengkap (PTSL) yang tengah dimaksimalkan lembaga vertikal agraria tersebut.

Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Konawe, Kusniyati, menyebutkan, 1.000 bidang tanah pertanian yang mereka verifikasi merupakan rekomendasi masing-masing kecamatan yang telah dikoordinasikan pada Dinas Pertanian, dan datanya disetorkan ke BPN. “Untuk kuota dan lokasi sudah ditentukan. Pengukuran juga sudah selesai dan saat ini sedang proses pengolahan data ukur,” ujarnya, minggu (20/5).

Menurut Kusniyati, program PTSL merupakan pengganti Prona dan penerimanya juga direkomendasikan sendiri oleh pemerintah desa (Pemdes), berkoordinasi dengan dinas terkait. Seperti untuk petani, harus berhubungan dengan Dinas Pertanian. “Program ini sifatnya nasional, dilaksanakan pada semua daerah, hanya kuotanya tergantung wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Diharapkan, ketika semua lahan telah tersertifikasi, maka semua daerah bisa dipetakan, dan juga dapat meminimalisir masalah sengketa yang kerap terjadi di masyarakat. “Semua bidang kita data. Dalam pendataan kita itu telah terbagi klaster, pertama yang jelas subyek dan obyeknya, kedua lahan sengketa, ketiga ada bidang tanah tapi tidak ada orangnya, keempat sudah ada sertifikatnya. Semua ini didata supaya jelas pemetaan bidang tanah di daerah,” pungkas Kusniyati. (c/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top