Space Iklan
Pariwara
Kolaka Utara

Aplikasi Info Pasar Mudahkan Petani Kolut Pantau Harga

Syainal

KENDARIPOS.CO.ID — Perkembangan harga kebutuhan pokok maupun komuditas pertanian di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), kerap berbeda. Perlu adanya satu aplikasi jejaring terkait harga pasar agar dapat terpublis secara aktual serta mempermudah distribusi. Kepala Seksi Pengendalian Arus Barang dan Jasa Bidang Perdagangan Perindag Kolut, Syainal, mengakui, pihaknya sangat berkeinginan menghadirkan aplikasi tersebut. Hanya saja tersandung soal pendanaan.

“Kami juga sudah usulkan ke Pemprov, tetapi alasannya sama,” ujarnya, minggu (20/5). Kehadiran aplikasi info pasar dan komoditas dianggap penting karena bisa merangkum data terkini, mulai dari harga pangan di pasaran hingga jumlah komoditas dan perkebunan petani tiap wilayah kecamatan atau Kolut umumnya. Jika itu terwujud, gerak pedagang nakal akan sulit bermain karena sudah terpantau di ruang publik. “Kalau di jaman sekarang aplikasi ini seharusnya sudah sangat diperlukan,” gagasnya.

Untuk saat ini, pergerakan harga hingga jumlah komoditas masih tersebar sebatas via aplikasi pesan whatsapp saja. Tentunya, hal ini belum terpublikasi luas, karena hanya orang tertentu saja yang mengetahui perkembangan harga-harga dan lainnya di pasaran. Padahal, bila ada aplikasi pihaknya berniat akan mengkoneksikan dengan BUMdes, pertanian serta instansi terkait agar semuanya data bisa terpantau melakui satu layanan itu. Keuntungan lainnya, jangkauan komoditas petani bisa terpublis secara meluas yang tentu akan menjadi catatan para investor di bidang itu.

Sekadar diketahui, penggunaan aplikasi ini bukanlah hal baru. Sebab telah ada yang memperkenalkan beberapa tahun lalu melalui Tech In Asia 2015, berupa aplikasi pantau harga. Sementara itu di 2017 pihak BI meluncurkan sistem serupa yakni Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) serta Pemprov DKI Jakarta dengan Info Pangan Jakarta yang diupdate setiap hari. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top