Pariwara
Konawe Selatan

Wabup Harap Ekspor Perikanan Konsel Meningkat

KAMALUDDIN/KENDARI POS
EKSPOR: Launching perdana ekspor kepiting bakau di Bandara Haluoleo oleh Sekprov Sultra, Hj. Isma didampingi Wabup Konsel, H. Arsalim Arifin (ketiga dari kiri). kemarin. Keran perdagangan komoditas daerah dibuka dan diharapkan, sektor perikanan di Konsel juga berkembang pesat.

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan ekspor komoditas perikanan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sedang dimaksimalkan pemerintah. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin usai menghadiri launching ekspor perdana perikanan kepiting bakau dengan negara tujuan Singapura. Launching perdana tersebut dilakukan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Hj. Isma disaksikan Kepala Bandara Kelas I Haluoleo, Rudy Richardo, Kepala Bea Cukai Kendari, Denny Benhard, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo serta unsur Forkopimda, Jumat (18/5).

Hj. Isma menyampaikan, dengan launching tersebut diharap dapat meningkatkan volume dan nilai eskpor hasil alam Sultra. Sesuai data BPS, ekspor langsung komoditas ikan, udang, kakao dan olahannya hanya mencapai 0,16 persen dengan nilai mencapai 1,19 persen dari total kesleuruhan. “Tentunya fenomena ini sangat di sayangkan karena Sultra memiliki perikanan dan pertanian yang besar. Kita tentunya mengharapkan peningkatan ekspor langsung dapat memberikan manfaat terhadap nilai jual besar, pangsa pasar lebih luas dan sebagai brand produk daerah,” ucap Hj. Isma.

Sementara itu, Wabup Konsel, Arsalim Arifin mengatakan pihaknya sangat menyambut baik adanya ekspor perdana komoditas perikanan tersebut. “Ini dapat menguntungkan daerah kita, yang kemudian bisa menjadi trigger atau pemicu bagi nelayan termasuk kelompok nelayan di Konsel untuk lebih fokus mengembangkan usaha. Utamanya dalam hal kualitas maupun kuantitas agar dapat diterima di pasar internasional. Tentunya kita akan terus lakukan pembinaan dan pendampingan melalui Dinas terkait,” ungkapnya.

Arsalim optimis dengan dibukanya keran eskpor ini, bisa berdampak terhadap meningkatnya pendapatan para nelayan dan petani Konsel. Pasalnya jalur distribusi penjualan perikanan di daerah tidak lagi hanya antar pulau antar provinsi, tetapi juga sudah bisa hingga ke luar negeri. “Apalagi Konsel memiliki banyak potensi yang menghasilkan produk perikanan, pertanian, perkebunan dan peternakan melimpah, seperti ikan, udang, kepiting, jagung, sapi dan sebagainya,” urai Arsalim.

Mantan Kepala Bappeda Konsel ini berharap ekspor ke depan akan diikuti jenis komoditas lainnya dari wilayah Konsel baik melalui udara maupun laut. “Ini sejalan juga dengan arahan Presiden dalam rapat kerja di Kementerian perdagangan di Jakarta tahun 2018 yang menekankan perbaikan birokratisasi di pusat agar dapat diikuti sepenuhnya oleh daerah termasuk dalam kebijakan eskpor komoditas,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top