Pariwara
Bau-bau

Wajah Kota Dipoles, Hado Hasina Maksimalkan Penataan Infrastruktur di Baubau

PANTAU: Pj Wali Kota Baubau, Hado Hasina (tengah pakai topi) didampingi Kadis Perindag Kota Baubau Radjlun (kiri) dan Kabag Ekonomi Setda Kota Baubau, La Ode Ali Hasan (kanan) dan sejumlah pimpinan SKPD saat meninjau pembuatan lapak pedagang di lokasi parkir dan taman Pasar Wameo. Foto: Akhirman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pj Wali Kota Baubau, Dr. Hado Hasina mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk membangun Kota Baubau. Meski waktunya hanya sementara, namun hal itu tidak menjadi penghambat baginya untuk berbuat. Faktanya, sejumlah terobosan program telah dilakukan.

Terutama menyangkut perencanaan program pembangunan untuk membuat Baubau lebih maju lagi. Mulai pembangunan bidang infrastruktur terminal, penataan jalan untuk menghindari macet, pengembangan kawasan pelabuhan, menarik investor hingga pembangunan kawasan ruang publik yang akan menjadi ikon Kota Baubau.

“Kita akan maksimalkan penataan infrastruktur. Termasuk menyediakan ruang publik supaya bisa menjadi konsentrasi masyarakat,” kata Hado Hasina, jumat (18/5). Sejauh ini, sudah ada beberapa lokasi yang dijadikan ruang publik. Salah satunya di Pantai Nirwana.

Selain ketersediaan ruang publik, keindahan wajah kota juga menjadi perhatian Kadis Perhubungan Sultra ini. Makanya, pasar Sentral Wameo ditata ulang supaya tidak semrawut. “Pasar tradisional ini sangat strategis. Letaknya berada di jantung kota. Sehingga selalu ramai dipenuhi pedagang dan konsumen untuk bertransaksi. Jadi harus ditata supaya lebih rapi,” jelasnya.

Saat ini memang, pasar tersebut belum mendapat perhatian serius dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Khususnya berkaitan dengan penataan ruang serta kebersihan. Banyak pedagang berjualan bebas hingga di bahu jalan. Hal itu karena sebagian besar lapak penjualan tak tertata baik, sehingga menimbulkan kesan kekumuhan dan ambradul.

“Area Pasar Wameo harus ditata dan dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga pemandangan kumuh tak terjadi lagi,” tegsanya. Dia menambahkan, luas area pasar Wameo masih bisa menampung seluruh penjual, khususnya yang selama ini beraktivitas di sekitar bahu jalan.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau, Radjlun, berjanji segera menindaklanjutinya. “Lahan parkir dan taman akan kita bagi dua. Sehingga bisa kita buat lapak untuk penjualan,” imbuhnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top