Space Iklan
Pariwara
Politik

Tak Lolos Verifikasi, Delapan Calon KPPS di Baubau Dicoret

Ilsutrasi Verifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap penjaringan calon anggota Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Baubau masih menyisakan “PR”. Pasalnya, masih ditemukan calon KPPS yang tidak memenuhi persyaratan. Padahal masa pendaftaran telah ditutup sejak tanggal 12 Mei lalu. Kendati harus berkurang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau tetap melakukan pencoretan.

Koordinator Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPUD Kota Baubau, Mamnun Laidu mengatakan dalam proses administrasi untuk diterima menjadi anggota KPPS, terdapat belasan peserta yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan gugur. Sehingga, terjadi kekurangan kuota anggota KPPS dibeberapa kelurahan.

“Proses pendaftaran dan perekrutan anggota KPPS telah kita lakukan sejak tiga April sampai 12 Mei kemarin. Namun setelah dilakukan wawancara banyak yang gugur. Makanya terjadi kekurangan 28 orang anggota KPPS untuk delapan kelurahan dari 43 kelurahan yang ada di Baubau,” kata Mamnun La Idu, Jumat (18/5).

Pencoretan anggota KPPS lanjut dia, dikarenakan adanya indikasi keterlibatan calon sebagai tim sukses dan hubungan keluarga antara sesama penyelenggara. Hal itu bertolak belakang dengan PKPU nomor 3 tahun 2015, PKPU nomor 12 tahun 2017 dan PKPU nomor 13 tahun 2017 yang menegaskan, bahwa sesama penyelenggara tidak boleh berada dalam ikatan perkawinan.

“Hal itulah yang menyebapkan independensi sebagai penyelenggara tidak terpenuhi. Kemudian, adanya calon anggota KPPS yang lulus seleksi administrasi tetapi tidak mengikuti seleksi wawancara serta nilai hasil seleksi yang tidak memenuhi standar kelulusan,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan perpanjangan pendaftaran KPPS hingga tanggal 3 Juni. Namun khusus untuk delapan kelurahan yang mengalami kekurangan yaitu, Kelurahan Bataraguru, Wale, Tomba, Wangkanapi, Waruruma, Kadolomoko, Lamangga dan Katobengke. “Solusinya kita perpanjang jadwal pendaftarannya. Secara keseluruhan, jumlah KPPS yang akan direkrut sebanyak 1.778 orang,” katanya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top