Pariwara
HEADLINE NEWS

Sukseskan Pilgub, KPU Sultra Butuh 34.363 KPPS

Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra berharap proses perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bisa melahirkan penyelenggara Pemilu yang berkompeten. Tidak hanya memahami aturan Pemilu, namun juga dari sisi integritas. Meski masa tugas mereka hanya sehari, namun tugasnya sangat sentral. Sebab KPPS-lah yang melakukan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan proses perbaikan demokrasi melalui Pemilu atau Pilkada harus dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya, memperbaiki kualitas PPS dan yang tengah merekrut KPPS. Tugas PPS memang sederhana, yakni melaksanakan pemilu di tingkat desa/kelurahan. Namun jika tidak bekerja dengan benar, tentu akan berdampak pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra dan Pilkada di tiga daerah.

“Jika proses perekrutan KPPS oleh panitia pemungutan suara (PPS) baik, secara otomatis akan berimbas pada hal lain. Misalnya, pengantaran formulir C6-KWK. Dengan begitu pemilih kita merasa dihargai dan datang ke TPS secara kesadaran yang baik,” kata mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini, Rabu (16/5).

Hal lainnya lanjut pria yang akrab dengan sapaan Dayat ini, potensi kecurangan dan manipulasi dapat ditekan sejak dari hulunya. Pertama, undangan/pemberitahuan memilih (Form C-6) di TPS akan terdistribusi kepada seluruh pemilih dengan merata. Kedua, pemilih akan dicatat dengan benar sehingga tidak ada pemilih siluman. Kemudian, penentuan suara sah dan tidak sah dilakukan secara konsisten. Selanjutnya, pengisian Form C-1 dan lampiran-lampirannya dilakukan dengan benar dan akurat.

“Kita harapkan mereka yang terjaring benar-benar memiliki integritas. Karena itu sangat penting. Itu artinya kita telah berupaya memperbaiki pemilu di tingkat TPS, desa/kelurahan, dan kecamatan,” jelasnya. Jumlah KPPS yang direktut kata mantan aktivis Prodem ini, disesuaikan dengan total TPS. Sesuai kebutahan, setiap TPS betugas 7 orang PPS. “Dengan total TPS Pilgub Sultra sebanyak 4.909 TPS, maka sekitar 34.363 orang yang dibutuhkan,” jelasnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top