Pariwara
Muna Barat

Siapkan Rp 1 Miliar, Komitmen Rajiun Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan di Mubar

BANTU NELAYAN: Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada menyerahkan bantuan asuransi nelayan kepada masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Bahkan, dia siapkan Rp 1 miliar untuk memaksimalkan sektor perikanan. Foto: Yafruddin Yadi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada terus melakukan terobosan program supaya daerah yang dinakhodainya lebih maju. Sebagai daerah otonomi baru (DOB), pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama. Kendati begitu, sektor lain juga tetap diperhatikan.

Khusus sektor perikanan dan pertanian, mantan Kasat Pol PP Sultra ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk berbagai kegiatan untuk menggenjot sektor perikanan. “Anggaran itu ditujukan untuk masyarakat nelayan yang ada di pulau-pulau maupun yang tinggal di pesisir pantai,” ungkap Rajiun, kamis (17/5).

Secara teknis, lanjut dia, kegiatan tersebut dikelola Dinas Perikanan Mubar. Saat ini sudah masuk tahapan administrasi. “Kalau tidak ada hambatan, dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan,” ujarnya. Beberapa kegiatan meningkatkan sektor perikanan tersebut adalah mulai pengembangan usaha perikanan tangkap. Meliputi pengadaan alat tangkap ramah lingkungan, sero, jaring, bubuh, bagang apung, waring bagang apung, mesin katinting, mesin kapal nelayan, jaring gay dan alat bantu penangkapan ikan.

Selain itu kata dia, juga ada penyediaan sarana prasarana pemberdayaan nelayan kecil. Ini meliputi pengadaan perahu fiber ukuran dibawah 3 GT, mesin dan alat tangkap sebanyak 22 unit. “Total anggarannya Rp 1,1 miliar. Itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2018,” jelasnya.

Lebih jauh pasangan Achmad Lamani ini menjelaskan, ada juga program pengembangan perikanan budi daya. Meliputi pencetakan kolam, pengadaan bibit ikan laut dan ikan air tawar, pengerjaan karamba jaring tangkap (KJT), sarana prasarana kolam mina padi dan pencetakan saluran.

“Semua program akan terlaksana tahun ini. Sekarang sementara dalam proses administrasi pencairan uang mukanya. Insyaallah bulan depan sudah bisa berjalan dan paling terlambat bulan Juli,” terangnya.

Rajiun menegaskan, semua program itu dalam rangka meningkatkan sektor perikanan. Diharapkan, masyarakat Mubar, khususnya nelayan bisa meningkatkan taraf hidupnya. “Komitmen kita adalah bagaimana seluruh masyarakat Mubar sejahtera,” imbuhnya. (b/yaf/ing)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/kendaripos/public_html/wp-includes/functions.php on line 3729