Space Iklan
Pariwara
Konawe Selatan

Lima Raperda Usulan Mulai Dibahas di Konsel

KAMALUDDIN/KENDARI POS
RAPERDA : Suasana rapat paripurna terkait pandangan umum fraksi terhadap lima Raperda yang diajukan Pemkab Konsel ke DPRD untuk dibahas, kamis(17/5)

KENDARIPOS.CO.ID — Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap lima rancangan peraturan daerah (Raperda) yang telah diajukan eksekutif, mulai dibahas DPRD Konawe Selatan (Konsel). Draf hukum lokal tersebut adalah Raperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah, terkait pengarusutamaan gender, tanggunjawab sosial perusahaan (CSR) di Kabupaten Konsel, Raperda tentang pengakuan, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat adat Tolaki serta rancangan aturan bantuan hukum bagi masyarakat tak mampu.

Rapat yang dihadiri langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dan Wakilnya, H. Arsalim itu dipimpin Ketua DPRD, Irham Kalenggo. Juru Bicara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda), Samsu, menyampaikan, kelima Raperda tersebut merupakan langkah baik bagi kemajuan daerah. “Fraksi ini mengapresiasi rencana besar Bupati untuk membentuk beberapa OPD baru diantaranya Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah,” ungkapnya, Kamis (17/5). Sementara dari Fraksi PKB sambung Samsu, mengharapkan agar Raperda yang lahir harus lebih responsif dan bertanggung jawab secara sosial di masyarakat. Begitupula dari Fraksi Gerindra mengatakan apapun bentuk suatu Perda harus dapat menjadi instrumen kebijakan dalam melaksanakan otonomi daerah.

“Selanjutnya fraksi PAN menegaskan, sebuah Perda harus mampu menjadi alat transformasi perubahan bagi daerah sehingga kehidupan masyarakat jadi lebih baik. Sejumlah pandangan umum fraksi pada dasarnya memberikan dukungan serta kritik membangun bagi Pemkab Konsel dalam penyusunan Raperda ini,” sambung Samsu, kamis (17/5).

Menanggapi berbagai pandangan fraksi tersebut, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menyampaikan, Raperda tentang perubahan Perda nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah mempunyai maksud utama. “Dalam pembentukan OPD baru ini, telah dikonsultasikan ke Gubernur Sultra melalui Biro Organisasi Setprov Sultra serta telah divalidasi tim Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri,” paparnya dalam rapat paripurna yang turut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Hapsir Jaya dan Nadira, serta Forum Pimpinan Daerah, termasuk Kepala SKPD lingkup Pemkab Konsel. Ia mengharapkan instansi terkait bersama-sama DPRD menyelesaikan dan menuntaskan Raperda ini agar segera menjadi Perda. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top