Pariwara
Konawe

Disperindag Konawe Klaim Harga Sembako Stabil

Ansarullah

KENDARIPOS.CO.ID — Harga bahan pokok pada awal ramadan ini diklaim stabil oleh pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Konawe. Hasil survei pekan lalu, harga Sembako cenderung tetap, hanya beberapa item memang mengalami kenaikan. Kepala Disperindagkop Konawe, Ansarullah, mengatakan, biasanya harga Sembako akan merangkak naik saat bulan ramadan, karena kebutuhan masyarakat yang juga tinggi. Kondisi itu terjadi hampir di seluruh daerah, namun tidak termasuk Konawe. Terbukti hingga kini, harga seperti beras, minyak dan gula di daerah lumbung beras masih stabil, bahkan dijamin aman hingga lebaran.

Bila ada perbedaan dengan di Kota Kendari, hal itu hanya karena biaya transportasi pengiriman barang, sehingga harga dinaikkan hingga Rp 5.000. “Yang harganya naik hanya telur itik dari Rp 60 ribu jadi Rp 65 ribu, kacang merah dari Rp 35 ribu jadi 40 ribu, kacang buncis dari Rp 12 ribu jadi Rp 15 ribu, dan jeruk lokal Rp 10 ribu jadi Rp 15 ribu,” rinci Ansarullah, Kamis (17/5).

Untuk harga beras semua stabil misalnya jenis Konawe, Ciliwung dan 33, tetap. “Semua harganya stabil, masih sama dengan beberapa minggu sebelumnya,” ujarnya. Selain harga stabil, stok bahan pangan di Konawe juga dijamin aman, terutama beras. Pasalnya, stok di Perum Bulog Subdivre Unaaha ada hingga beberapa bulan setelah lebaran. “Bulog sudah jamin stok beras kita aman selama ramadan, bahkan kalau ditambah hasil panen beberpa bulan ke depan, stok bisa untuk tahun depan. Selain itu, Satgas Pangan juga akan melakukan operasi pasar selama bulan ramadan untuk mencegah tidak terjadi penimbunan,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top