Pariwara
Kolaka Timur

Bupati Koltim : Tak Bisa Dirawat, Alsintan Ditarik !

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak bantuan mesin alat pertanian (Alsintan) yang dihibahkan pemerintah ke petani di Kolaka Timur (Koltim). Namun yang kemudian menjadi masalah adalah pemanfaatan Alsintan dan mekanisme perawatannya. Makanya, para penerima bantuan diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik serta merawat fasilitas pendukung tersebut, layaknya milik sendiri. Pasalnya, jika bantuan Alsintan tak mendapat perlakuan baik, bahkan tidak ada kabar pelaporan dari pihak pendamping lapangan dari pertanian, maka ada konsekuensinya. Alat kerja tersebut akan ditarik kembali oleh pemerintah.

Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah, menegaskan, para Alsintan harus dikelola profesional dan sesuai pemanfaatannya. Karena bantuan tersebut diperuntukkan bagi petani agar mendukung kemajuan pengolahan serta produksi tanaman. “Bukan berarti tidak dirawat atau digunakan sembarang. Tidak peduli rusak atau tidak, yang penting dipakai. Jika tidak dirawat dengan baik, apalagi ada kelompok yang tak kompak dalam mengelola Alsintan tersebut maka akan kami tarik untuk diberikan pada kelompok lain,” ancamnya, kamis (17/5).

Ia mengharapkan para kelompok tani dapat mengunakan Alsintan dengan baik dan tak boleh dikuasai oleh seseorang. “Jaga kekompakan antara sesama anggota kelompok maupun masyarakat lainnya. Meski bantuan tersebut dari Pemkab Koltim melalui APBD atau Tugas Pembantuan dari Pemprov Sultra serta Pemerintah Pusat, petani mestinya lebih merawat dengan intensif,” sambung mantan Wakil Bupati Konawe tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Lasky Paemba, mengatakan, ia bersama pendamping lapangan petani yang ditempatkan pada tiap desa dan kecamatan akan membuat laporan setiap saat terkait pemanfaatan Alsintan tersebut. “Kalau tidak ada laporan, berarti alat itu tidak dimanfaatkan. Jika demikian, Dinas Pertanian akan mencabut dan mengalokasikan di tempat lain. Jadi kami harap para kelompok tani memberikan laporan setiap hari. Kami bukan mempersulit tetapi ini sudah tertera dalam petunjuk teknis dan pelaksanaan,” tandas Lasky, kamis (17/5). (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top