Pariwara
Konawe Utara

Siaran TV Kabel di Konut Harus Miliki Izin

Ilham

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe Utara (Konut) mendesak para pelaku usaha yang bergerak pada bidang usaha TV kabel mengurus izin pada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sultra. “Kami harapkan seluruh pemilik usaha TV kabel segera mengurus legalitas penyiarannya pada instansi yang berwenang yakni Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sultra. Termasuk juga izin tempat usahanya pada Badan Perizinan Konut,” tegas Kabid Komunikasi Dinas Kominfo Konut, Ilham, Rabu (16/5).

Alumni Ilmu Komunikasi Fisip UHO itu menambahkan jika Diskominfo telah mengadakan pertemuan secara internal dengan seluruh pemilik stasiun televisi berlangganan itu di aula Kantor Dinas Kominfo beberapa hari lalu. “Pada waktu pertemuan dengan para pelaku usaha TV kabel yang dibahas terkait peraturan daerah Kabupaten Konut nomor 6 tahun 2017 tentang penataan dan perizinan televisi berlangganan kabel, terkhusus kepada pelaku usaha yang bergerak pada sektor penyiaran berlangganan,” ujar mantan ASN Dishut Konut tersebut.

Dengan ditetapkannya Perda itu sebagai produk aturan baku, maka sepatutnya para pelaku usaha harus mematuhi aturan main yang telah ditetapkan pemerintah daerah. “Kalau tidak dipatuhi tentunya ada sanksi yang akan diberikan,” tegasnya. Sesuai hasil identifikasi yang telah dilakukan sebelumnya, terdapat 12 stasiun TV kabel yang tersebar dibeberapa wilayah. Mulai dari Kecamatan Motui sampai Oheo.

“Pasca pertemuan dan sosialisasi Perda tersebut, maka kami tegaskan kembali agar pemilik usaha televisi berlangganan kabel. Tidak lagi ada alasan untuk tak memiliki izin. Ilham menambahkan melalui wadah konsorsium yang telah dibentuk dan berbadan hukum pemilik usaha tersebut. Dinas Kominfo dalam waktu dekat akan membuat draf rekomendasi untuk pengurusan izin tempat usaha pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP). Mulai dari SITU, SIUP, TDP dan izin reklame, serta akan dibuatkan pertimbangan teknis sebagai pengantar untuk pengurusan izin siaran,” papar Ilham. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top